Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Inden, Begini Manfaatkan Diskon PPnBM di Auto2000

Kompas.com - 27/09/2021, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang relaksasi PPnBM 100 persen hingga Desember 2021. Diskon ini berlaku untuk mobil baru di bawah 1.500 cc, dan 50 persen untuk mobil dengan kubukasi dari 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Seperti diketahui, meski ada perpanjangan diskon pajak, tapi untuk mendapatkan unit rata-rata harus melalui inden karena tingginya permintaan. Termasuk bagi yang mencari produk Toyota seperti, Yaris, Avanza, Rush, Vios, Sienta, Raize, Innova, sampai Fortuner.

Karena itu, konsumen yang berniat meminang mobil Toyota dengan diskon PPnBM, penting memastikan ketersediaan unitnya. Bila tidak ready stok, otomatis harus sabar menunggu.

Baca juga: Faktor Honda Pede Targetkan 40.000 Unit All New BR-V di 2022

Untuk mengetahui ketersediaan unit Toyota yang masuk dalam program relaksasi, Auto2000 memberikan sarang untuk langsung datang ke jaringan terdekat, atau bisa dengan mengakses situs resminya.

Auto2000Auto2000 Auto2000

"Konsumen bisa membandingkan dengan mobil lain atau melakukan simulasi kredit untuk perhitungan down payment (DP) dan cicilan per bulan, termasuk mengajukan jadwal test drive," kata Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 dalam keterangan resminya, Minggu (26/9/2021).

Usai membayar tanda jadi dan mengisi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), Auto2000 langsung melakukan pemeriksaan unit yang diinginkan. Bila memang tersedia sesuai yang diminati, konsumen bisa melanjutkan pembayaran DP bila membeli secara kredit atau membayar lunas jika meminang secara tunai.

Konsumen yang beli secara kredit, ada tahapan tambahan dengan pihak pembiayaan, yakni menyiapkan persyaratan kredit mobil baru dan menjalankan proses survei leasing hingga pengajuan kredit disetujui. Selanjutnya tinggal menunggu STNK dan pelat nomor mobil dikeluarkan pihak kepolisian.

Baca juga: Mengenal 5 Pasukan Baru Toyota GR Sport di Indonesia

"Konsumen memperoleh kesempatan tambahan dengan diperpanjangnya masa subsidi PPnBM hingga Desember 2021. Dengan begitu, pelanggan dapat memanfaatkan peluang diskon yang cukup besar dari program ini dan ditambah promo-promo menguntungkan lain yang ditawarkan Auto2000," ucap Martogi.

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

Lain ceritanya bila unit tidak tersedia, menurut Martogi, konsumen harus sedikit bersabar. Umumnya, ketidak tersediaan unit dikarenakan beberapa faktor, mulai dari pesanan khusus seperti warna atau model tertentu, atau limited edition.

Daftar antrean bisa makin panjang jika stok mobil pilihan untuk bulan berjalan sudah ludes terjual, sehingga order akan dipindahkan ke bulan berikutnya. Kondisi ini kemungkinan bisa terjadi pada model tertentu yang calon pembeli banyak memesan secara bersamaan sementara ketersediaan unit belum tentu mampu memenuhinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com