Bursa Mobil Bekas Tetap Potensial di Masa Pandemi

Kompas.com - 25/09/2021, 09:38 WIB
Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV Kompas.com/Setyo AdiIlustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski saat ini Indonesia dalam kondisi pandemi Covid-19 ditambah adanya perpanjangan masa pemberian diskon PPnBM untuk sejumlah mobil baru, bisnis mobil bekas masih potensial.

Memang pasar mobil bekas di Indonesia sempat terkoreksi, apalagi dengan adanya momentum diskon PPnBM yang diberikan sepanjang tahun 2021. Namun menurut sejumlah pelaku, pasar mobil bekas masih berpotensi untuk berkembang.

Yakin akan potensi tersebut, inovasi pun dilakukan oleh iCar Asia Indonesia, pemegang brand Mobil123, Carmudi, serta Carsentro. Salah satu inovasi tersebut adalah Transaksi Pembiayaan Personal yang ikut menggandeng sejumlah lembaga pembiayaan seperti SMS Finance.

Baca juga: Sensasi Kabin All New Honda BR-V, Masih Ada Tanggungnya ?

“Sebagai platform online otomotif, pengembangan bisnis iCar Asia tidak terlepas dari usaha untuk mendorong pedagang mobil bekas yang sebelumnya hanya bergerak di showroom secara konvensional kini sangat terbantukan oleh produk-produk iCar Asia Indonesia,” kata Gumgum Prijadi, Managing Director iCar Asia Indonesia dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Ilustrasi mobil bekas.Reuters Ilustrasi mobil bekas.

Sebagai salah satu lembaga pembiayaan yang digandeng iCar Asia Indonesia, PT Sinar Mitra Sepadan Finance pun turut meyakini potensi bursa mobil bekas di tengah situasi pandemi saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya yakin pasar mobil bekas akan selalu ada ke depannya, bahkan sangat potensial di masa pandemi seperti sekarang ini," ujar Hobert Tjiu, Sales & Car Financing Manager PT Sinar Mitra Sepadan Finance (SMSF).

Baca juga: PO Sembodo Buka Trayek AKAP Baru Bogor-Padang

Dengan adanya program Transaksi Pembiayaan Personal, pembelian mobil bekas secara kredit bisa dilakukan antar individu. Sebab sebelumnya jual beli mobil bekas dengan skema kredit hanya umum ditemui pada transaksi yang melibatkan diler.

"Kami melihat potensi C2C sebenarnya sudah lama ada, namun dalam program Transaksi Pembiayaan Personal kami yakin akan semakin berkembang sehingga ini kami jadikan secondary source market," ujar Hobert.

Promo cashback hingga Rp 1 juta untuk program Transaksi Pembiayaan Personal di iCar Asia Indonesia melalui SMS Finance.SMS Finance Promo cashback hingga Rp 1 juta untuk program Transaksi Pembiayaan Personal di iCar Asia Indonesia melalui SMS Finance.

Dari perspektif pembeli dan penjual kendaraan bekas individual, program ini diklaim jadi lebih mudah dalam mengurus dokumen mobil terkait.

Baca juga: Bus Baru PO Garuda Mas Sudah Pakai Leg Rest

Asal-usul mobil pun akan lebih jelas diketahui pihak pembeli sebab langsung bertemu dengan pemilik mobil tersebut. Dari kacamata penjual, keuntungan lebih bisa didapat sebab ada optimalisasi harga.

Demi mendorong penggunaan program Transaksi Pembiayaan Personal ini, SMS Finance melalui iCar Asia Indonesia memberikan promo cashback hingga Rp 1 juta yang berlangsung sejak 1 September kemarin hingga 30 November mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.