Kenapa Honda Lebih Dulu Hadirkan BR-V Dibanding Mobilio Baru?

Kompas.com - 25/09/2021, 08:22 WIB
All New Honda BR-V KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Honda BR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran All New Honda BR-V menjadi kejutan sekaligus pertanyaan banyak banyak orang. Pasalnya, dibandingkan pasar SUV murah, hingga saat ini segmen MPV murah masih lebih subur.

Sementara di satu sisi, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga memiliki Mobilio yang sebenarnya sudah dinanti sejak pandemi Covid-19 belum melanda Indonesia.

Menjawab pertanyaan tersebut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, pihaknya sudah melakukan perhitungan yang pastinya menyesuaikan kebutuhan dan kondisi di Indonesia.

Baca juga: Honda Buka Suara Soal Produk Lokal di GIIAS 2021


"Kenapa LSUV (BR-V) duluan dan lebih lengkap dengan Honda Sensing, LMPV-nya (Mobilio) belum, karena mobil ini (BR-V) muat banyak dan pemakaiannya jarak jauh yang paling tidak itu butuh aman dan nyaman," ucap Billy kepada media di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

"Bila kami lihat, karakteristik infrastruktur di Indonesia juga belum terlalu bagus, butuh mobil yang punya ground clearance tinggi juga. Jadi kami lihat, LSUV ini akan berkembang," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Billy, meski secara posisi sampai saat ini LSUV masih di bawah LMPV, namun dengan beberapa perkembangan yang ada, ditambah tren global yang mengarah ke genre SUV, sangat besar kemungkinan pasarnya lebih naik di kemudian hari.

Baca juga: Fakta Generasi Kedua Honda BR-V yang Naik Kelas

All New Honda BR-VHPM All New Honda BR-V

Apalagi bila berkaca kondisi saat ini, banyak agen pemegang merek (APM) yang meluncurkan produk baru di segmen tersebut, meski secara komposisi ruang didominasi lima penumpang.

"Secara nasional, posisi saat ini 17 persen masih LCGC, kedua LMPV 14-15 persen, lalu 13 persenan itu LSUV. Kami juga melihat ada peluang LSUV menyusul LMPV," ujar Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.