Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 11:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada trayek lintas Pulau Jawa dan Sumatera, ada beragam perusahaan otobus (PO) yang bersaing menawarkan pelayanan transportasi bus antar kota antar provinsi (AKAP). Salah satunya adalah Semesta Bolo Trasindo yang umum dikenal sebagai PO Sembodo.

PO dengan armada bus yang memiliki livery khas kombinasi warna merah, putih, dan hitam ini baru saja membuka jalur pelayanan baru kelas eksekutif dengan trayek Bogor-Padang melewati jalur Sumatera lintas timur.

Unit yang digunakan adalah bus bersasis Mercedes-Benz OH 1626, menyangga bodi Jetbus 3+ MHD rakitan karoseri kebanggaan warga Malang, Adiputro.

Bodi MHD ini menjadi andalan Adiputro untuk konsumen yang butuh pilihan bus berdimensi lebih besar dari HDD tapi tidak melebihi SHD. Melansir Kompas.com, Adiputro mengklaim bus MHD memiliki kapasitas bagasi yang luas hingga mampu mengangkut sepeda motor.

Baca juga: Menerka Harga Jual Avanza Baru, Varian Termahal Tembus Rp 280 Juta

Fasilitas pada bus AKAP PO SembodoIstimewa Fasilitas pada bus AKAP PO Sembodo

Bus tersebut berkapasitas 30 penumpang dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. Tentu kursi penumpang yang terpasang sudah reclining seat dilengkapi leg rest.

PO Sembodo pun menawarkan sejumlah fasilitas standar bus pariwisata seperti AC, toilet, smoking room, Audio Video On Demand (AVOD), koneksi WIFI, bantal serta selimut, dispenser, hingga coolbox.

Ketika dihubungi oleh Kompas.com, Kamis (23/9/2021), salah satu agen penjualan tiket resmi PO Sembodo menyebutkan tarif yang dipatok untuk menaiki bus ini berkisar di angka Rp 550.000-600.000. Tarif tersebut sudah termasuk 1 kali servis makan besar dan makanan ringan.

Baca juga: All New BR-V Meluncur, Bagaimana Nasib Model Lawasnya ?

Fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) pada bus AKAP PO SembodoIstimewa Fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) pada bus AKAP PO Sembodo

Mengenai jadwal keberangkatan, dari Ciawi berangkat pukul 07.15 WIB, dilanjut ke Terminal Baranangsiang pada 07.30 WIB, Citereup pukul 07.50 WIB, Cibinong pukul 08.05 WIB, dan Jatijajar pukul 08.20 WIB. Lantas di Jakarta, keberangkatannya dari Terminal Kampung Rambutan pada pukul 08.45 WIB.

Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, PO Sembodo tidak membatasi jumlah penumpang. Meski begitu, persyaratan wajib seperti sertifikat vaksin minimal dosis pertama dan surat hasil negatif test Antigen atau PCR harus disertakan.

Jika butuh informasi lebih detail mengenai trayek baru PO Sembodo ini, dapat menghubungi agen resmi PO Sembodo pada nomor telepon 0821-1174-4713.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com