Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pasang Roof Rack di Atap Mobil

Kompas.com - 19/09/2021, 12:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penambahan aksesoris pada mobil kesayangan wajar untuk dilakukan. Terutama jika aksesoris tersebut mampu menunjang kebutuhan pemiliknya. Salah satu komponen tambahan yang umum terlihat adalah roof rack atau roof box yang dipasang di atap mobil.

Roof rack atau roof box bermanfaat sebagai tempat meletakkan muatan di atap mobil. Hal ini dilakukan agar barang bawaan yang dibawa bisa lebih dimaksimalkan, tidak hanya mengandalkan ruang dalam bagasi dan kabin.

Meski bermanfaat, pemasangan roof rack atau roof box pada atap mobil memiliki beberapa konsekuensi yang harus dihadapi.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

Kepada Kompas.com beberapa waktu lalu, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan ada sejumlah dampak yang ditimbulkan ketika memasang komponen tersebut dan menaruh muatan di atasnya.

Menurut Suparna, stabilitas kendali mobil rawan terganggu. Sebab adanya beban tambahan di atap mobil akan berefek mobil lebih mudah limbung ketika berbelok. Selain itu, pemasangan roof rack atau roof box disertai muatan bisa mengurangi aerodinamis mobil.

Aplikasi roof box melalui empat pilar pintu.whalecarrier.com Aplikasi roof box melalui empat pilar pintu.

Saat mobil dibawa melaju dengan kecepatan di bawah 60 kpj mungkin tidak terlalu terasa. Namun jika laju ditingkatkan, mobil akan terasa berat karena hambatan angin yang kian besar.

Jika sudah seperti itu, dikhawatirkan konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Apalagi ketika beban muatan yang dibawa kian bertambah.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP San Marino, Bagnaia Jadi yang Tercepat, Marquez Jatuh

Pada kesempatan yang berbeda, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan bahwa hanya mobil yang telah dilengkapi roof rail yang aman untuk dipasangi roof rack atau roof box.

"Kalau dari kami tidak menyarankan mobil yang tanpa roof rail dari pabrikan memasang roof box, seperti hatchback atau sedan, jadi memang tidak bisa sembarangan karena menyangkut soal safety," kata Didi.

Ia menambahkan bahwa ada batas maksimal bobot muatan yang boleh ditaruh di atap mobil. Menurutnya, berat barang termasuk kompartemen tambahan di atas atap tidak boleh melebihi angka 75 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com