Duduk Perkara Mobil Listrik Ricky Elson Gagal Uji Emisi, Ini Faktanya

Kompas.com - 19/09/2021, 07:21 WIB
Ilustrasi mobil listrik Selo Instagram @ricky_elsonIlustrasi mobil listrik Selo
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama mobil listrik Selo buatan Ricky Elson belakangan ramai di media sosial. Bukan tanpa sebab, kendaraan yang dibangun pada 2013 itu mencuat karena unggahan soal mobil listrik yang gagal uji emisi.

Sebagai ilmuan dan pemegang paten motor listrik, Ricky Elson dibuat resah dengan viralnya video tersebut. Ia coba meluruskan duduk perkaranya, mengapa sampai mobil listrik Selo disebut gagal uji emisi?

Padahal seperti mobil listrik pada umumnya, Selo tidak menghasilkan emisi. Emisi sendiri hanya dihasilkan oleh mobil dengan mesin bakar internal (ICE) atau mobil konvensional.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bossman Mardigu (@mardiguwp)

Menurutnya, gagal paham ini awalnya bermula dari pernyataan Kepala Sub Direktorat Penyidikan Tindak Pidana Khusus Kejagung pada 2014, dalam kasus pengadaan mobil listrik yang membelit Dasep Ahmadi.

Dasep adalah salah satu orang yang ditunjuk Dahlan Iskan untuk membuat mobil listrik, selain Ricky. Terkait kasus tersebut, mobil yang dibuat Dasep dinilai gagal uji emisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ditanyalah orang Kejaksaan Agung ini, Pak Turin tadi ini, maka Pak Turin tanpa melakukan validasi informasi mengumumkan ke wartawan bahwa 'Apa masalahnya mobil listrik (Dasep) itu?' (dijawab) 'mobil listriknya tidak lolos uji emisi dan berbahaya untuk dibawa ke jalan raya'," ujar Ricky, dikutip dari live Instagram @ricky_elson, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Rocky, Terios, dan Xenia Turun Harga Imbas Perpanjangan PPnBM 0 Persen

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ricky Elson (@ricky_elson)

Ricky mengatakan, informasi yang benar sebetulnya mobil listrik Dasep tidak lolos uji laik jalan karena memang sengaja dibuat sebagai prototipe. Bukan dibuat untuk diproduksi dan dijual secara massal.

Semenjak itu, narasi pernyataan mengenai mobil listrik produksi anak bangsa yang gagal uji emisi lebih sering sampai di tengah-tengah masyarakat.

Padahal menurut Ricky, uji emisi bagi mobil listrik buatan anak bangsa, belum pernah dilakukan di Indonesia.

Baca juga: XL7 Bawa Angin Segar Penjualan Domestik dan Ekspor Suzuki

Sedan sport listrik SeloAzwar Ferdian/KompasOtomotif Sedan sport listrik Selo

"Ini kita diseret oleh kesalahpahaman ini sehingga membawa sebuah kesan negatif, membawa sebuah aura negatif di sisi anak-anak muda yang lagi bergairah mengembangkan teknologi 'masak sih? Enggak masuk akal, kok mobil listrik nggak lolos uji emisi?',” ucap Ricky.

“Tapi pada waktu itu saya juga sebenarnya sudah berusaha membuatkan sebuah postingan, tapi ternyata ini tidak bisa menepis kuatnya badai isu tentang gagal uji emisi ini," kata dia.

Sementara itu, mengenai Selo yang sering terpampang di unggahan media sosial sebagai mobil listrik yang gagal uji emisi, Ricky juga tidak tahu menahu maksud dan tujuannya.

"Tapi video yang mengalir di sana adalah mobil listrik Selo yang saya kembangkan. Saya enggak tahu apa maksud dari postingan itu, apakah ingin menyindir pemerintah atau ingin lucu-lucuan," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.