Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Fungsi Spion Tambahan di Kap Mesin?

Kompas.com - 06/08/2021, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa mobil Sport Utility Vehicle (SUV) keluaran lama, terdapat kaca spion pada ujung kap mesin, baik di sebelah kiri maupun kanan.

Tidak sedikit pula masyarakat yang masih bertanya-tanya sebetulnya apa fungsi dan kegunaan spion tanduk tersebut. Bahkan beberapa orang hanya mengganggap komponen tersebut hanya sebatas aksesoris mobil saja.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, spion tambahan model tanduk yang terdapat di bagian sebelah kiri kap mesin memiliki beragam fungsi.

Baca juga: Karyawan Diler dan Bengkel Wahana Honda Sudah 100 Persen Divaksin

Fungsi utamanya untuk meningkatkan pengelihatan pada sisi depan sampai belakang bagian kiri mobil, karena area tersebut merupakan blind spot bagi pengemudi di Indonesia yang menggunakan setir kanan,” kata Deni beberapa waktu lalu, kepada Kompas.com.

Tidak hanya itu saja, spion tanduk juga berguna sebagai patokan saat pengemudi ingin parkir kendaraan atau bermanuver.

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

“Sisi depan bagian kiri agak susah dilihat, dengan adanya spion tanduk dapat meningkatkan pengelihatan pengemudi,” ucap Deni.

Selain spion tanduk, beberapa mobil juga memiliki spion di pintu belakang mobil yang tergantung di atas kaca belakang kendaraan-kendaraan yang berukuran besar.

Baca juga: Lihat Bodi Bus Listrik Buatan Karoseri Laksana, E-Citilyne

Spion belakang berfungsi untuk memberikan visual bagian belakang mobil lebih jelas lagi, sebab menurut Deni, untuk mobil MPV besar agak sulit untuk melihat dengan jelas. Kecuali sudah memiliki kamera mundur.

“Spion belakang juga punya fungsi yang sama seperti spion tanduk, bisa sebagai patokan pengemudi, untuk mundur contohnya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com