Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Permukaan Atap Mobil Ada yang Dibuat Bergelombang

Kompas.com - 18/08/2021, 11:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika diamati dengan saksama, terdapat sebagian mobil yang memiliki desain atap tidak rata. Beberapa model mobil akan terlihat atapnya memiliki motif garis lurus dan timbul, sehingga permukaannya jadi tidak rata.

Umumnya desain atap tersebut bisa dijumpai pada jenis mobil multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), minivan, atau kendaraan lainnya yang memiliki jumlah kursi lebih dari 2 baris.

Bukan tanpa alasan, desain atap tersebut memiliki tujuan utama demi keamanan dan kenyamanan pengemudi serta penumpangnya. 

Baca juga: Bus Tambang Baru dari Adiputro, Pakai Sasis Scania

Desain atap mobil yang tidak rataAkun Facebook Loeqmand Arifoedin Desain atap mobil yang tidak rata

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, desain atap mobil yang bermotif timbul akan memberikan tambahan kekuatan dan kekakuan untuk area tersebut. Sebab panel atap jadi area terbesar pada sebuah mobil.

"Biasanya (permukaan atap) dibuat tidak rata untuk sebagai penguat atap karena permukaannya yang lebar," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Meski sebenarnya ia juga menjelaskan bahwa desain atap yang tidak rata bukanlah satu-satunya faktor yang memperkuat bagian mobil tersebut. Kekuatan atap mobil juga dipengaruhi oleh ketebalan pelat dan desain penyangganya.

Baca juga: Benarkah Ban Bisa Aus karena Sering Lewat Jalan Beton?

Catamaran Roof Design pada Toyota Vios Catamaran Roof Design pada Toyota Vios

Dengan meningkatkan kekuatan struktur tersebut, atap tidak akan mudah bergetar. Sebab getaran pada atap mobil akan menimbulkan suara bising yang jelas mengurangi kenyamanan pengemudi dan pengendara dalam kabin, meskipun interior mobil telah dilengkapi peredam suara.

Berkat penambahan kekuatan ini pula, panel atap tidak akan mudah penyok jika menerima benturan. Misalnya saat parkir di bawah pohon dan ada buah besar yang jatuh menimpa.

Didi pun menambahkan bahwa desain atap yang bergelombang juga bisa ditemukan di beberapa model mobil sedan.

Sementara, untuk mobil produksi Toyota contohnya Vios. Menurut dia, desain atap pada Vios bukan cuma untuk penguat struktur, tapi juga bertujuan dalam hal aerodinamika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com