Jelang Akhir Insentif PPnBM 100 Persen, Diskon Avanza dan Xpander Tembus Rp 10 Juta

Kompas.com - 25/08/2021, 11:12 WIB
Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELToyota Avanza IIMS Hybrid 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang akhir penerapan relaksasi PPnBM sebesar 0 persen pada 31 Agustus 2021, sejumlah mobil yang mendapat keringanan masih tersedia dan dapat diskon tambahan dari diler.

Termasuk untuk mobil-mobil di segmen Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) atau biasa disebut MPV murah. Konsumen yang membeli LMPV masih bisa menikmati diskon hingga belasan juta rupiah di luar insentif PPnBM.

Deretan MPV murah yang menikmati relaksasi ini adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black EditionKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Misalnya untuk Toyota Avanza, sebuah diler Toyota di Depok, Jawa Barat, memberikan diskon sekitar Rp 10 juta. Selain Avanza, produk satu basisnya, yakni Daihatsu Xenia juga mendapatkan potongan harga.

“Untuk Xenia saat ini diskonnya sekitar Rp 15 juta, tapi lagi inden sekitar 1-2 bulan,” ucap salah satu tenaga penjual Daihatsu di Jakarta Selatan kepada Kompas.com (24/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti halnya Xenia, Mitsubishi Xpander saat ini mendapatkan potongan dari diler sekitar Rp 10 jutaan.

Baca juga: PPKM Turun Jadi Level 3, Ruas Jalan yang Kena Ganjil Genap di DKI Akan Berkurang

New Wuling Confero SKompas.com/Donny New Wuling Confero S

Namun jika mau membeli Xpander, kemungkinan tidak bisa dikirimkan dalam sisa waktu sampai akhir Agustus 2021.

Konsumen disebut harus inden sekitar 1-2 bulan, yang artinya tidak mendapatkan diskon PPnBM 100 persen, melainkan hanya 25 persen sampai akhir 2021.

Kemudian ada MPV murah dari Wuling yaitu Confero. Potongan harga dari diler setelah relaksasi PPnBM tidak terlalu besar, sekitar Rp 12 jutaan.

Baca juga: Mana Lebih Kuat Nanjak, Mobil Penggerak Depan atau Belakang?

Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.DOK. SIM/Bank Kanchanavilai Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.

Adapun untuk Honda Mobilio, potongan dari diler terbilang sedikit, sekitar Rp 5 jutaan. Pasalnya unit yang tersedia juga tidak banyak, sehingga mayoritas diler menawarkan inden sekitar 1 bulan.

Sedangkan untuk MPV murah jagoan Suzuki, yakni Ertiga bisa dibilang mendapat potongan yang cukup besar.

“Ertiga bisa diskon Rp 15 juta, tapi konsumen harus cepat karena tinggal varian tertentu saja, dan tidak bisa pilih warna,” kata salah satu pramuniaga Suzuki di Jakarta Barat, kepada Kompas.com (24/7/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.