Mana Lebih Kuat Nanjak, Mobil Penggerak Depan atau Belakang?

Kompas.com - 24/08/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi mobil tak kuat menanjak Foto: Tangkapan layarIlustrasi mobil tak kuat menanjak
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil memiliki berbagai sistem gerak pada roda. Paling familiar atau banyak dipakai ialah mobil dengan gerak roda depan dan gerak roda belakang.

Tiap sistem penggerak punya kelebihan masing-masing. Lantas mobil berpenggerak depan atau belakang yang lebih baik untuk menghadapi tanjakan terjal?

Baca juga: Insentif PPnBM 0 Persen Rangsang Investasi Sektor Otomotif

Mobil melintasi ruas jalan lintas selatan Cianjur di kawasan tanjakan Mala, Naringgul yang mengalami longsor, Rabu (17/2/2021)istimewa Mobil melintasi ruas jalan lintas selatan Cianjur di kawasan tanjakan Mala, Naringgul yang mengalami longsor, Rabu (17/2/2021)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) lebih kuat nanjak dibanding penggerak depan.

"Kendaraan RWD lebih bagus untuk menanjak karena ban belakang terjaga traksinya, saat tanjakan ban belakang mendapat bantuan beban dari kendaraan," katanya kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (AHM) Didi Ahadi mengatakan, penggerak roda belakang memiliki keunggulan dalam mengangkut beban berat.

Baca juga: Akui Kehebatan Quartararo, Bagnaia Lempar Handuk Putih

Truk tidak kuat nanjak di Lingkar Selatan tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.instagram.com/dashcamindonesia Truk tidak kuat nanjak di Lingkar Selatan tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

 

Penjelasannnya karena tumpuan beban di belakang dan roda juga berputar di belakang membuat traksi semakin baik. Kelebihan lainnya kondisi kemudi menjadi lebih ringan.

Hal ini lantaran semua yang bergerak ada di belakang, jadi roda depan hanya untuk berbelok saja. Tidak heran banyak mobil-mobil jenis offroad banyak menggunakan sistem ini.

“Jadi masing-masing punya keunggulan,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.