Komunitas Motor Listrik Sambut Baik Proyek Konversi Motor Listrik

Kompas.com - 25/08/2021, 09:42 WIB
Paket konversi motor listrik untuk Vespa 2-tak dari Retrospective Scooters Dok. Rideapart.comPaket konversi motor listrik untuk Vespa 2-tak dari Retrospective Scooters

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah meluncurkan Pilot Project Konversi Sepeda Motor Mesin Penggerak Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Motor Listrik. Langkah ini disambut baik oleh Komunitas Sepeda dan Motor Listrik (Kosmik).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, program ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Salah satunya dengan penerbitan Sertifikat Bengkel Konversi Sistem Penggerak Motor Listrik Pada Kendaraan Bermotor kepada Badan Litbang Kementerian ESDM dan Sertifikat Uji Tipe motor listrik.

"Sehingga kami memiliki kesempatan untuk melaksanakan konversi sepeda motor konvensional menjadi kendaraan bermotor listrik," ujar Arifin, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Kementerian ESDM Mulai Pilot Project Konversi Sepeda Motor Listrik

Arifin menambahkan, dirinya berharap program konversi ini dapat menjadi pionir dan penggerak bagi penciptaan lapangan kerja serta UMKM baru, serta ketrampilan baru bagi generasi muda bangsa, para siswa SMK/vokasi, teknisi bengkel dan lainnya.

Konversi motor bensin ke motor listrikDok. Kementerian ESDM Konversi motor bensin ke motor listrik

Pilot project konversi sepeda motor bensin menjadi sepeda motor listrik sesuai ketentuan dalam Permen Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020, yaitu kegiatan modifikasi sepeda motor dengan mengganti komponen mesin lama (mesin penggerak bahan bakar minyak/bensin) dengan komponen motor listrik termasuk baterai atau disebut paket converter kit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaksanaan program konversi dilakukan pada pertengahan Agustus 2021 secara bertahap sampai dengan akhir November 2021. Obyek pilot project konversi adalah sepeda motor kendaraan operasional yang memiliki Nilai Buku per Juni 2021 nol rupiah.

Baca juga: Indonesia Baru Punya 3 Bengkel Konversi yang Bersertifikasi

Pilot project ini menargetkan mengkonversi 100 unit sepeda motor yang tersebar di seluruh satuan kerja Kementerian ESDM wilayah Jabodetabek.

Paket konversi motor listrik untuk Vespa 2-tak dari Retrospective ScootersDok. Rideapart.com Paket konversi motor listrik untuk Vespa 2-tak dari Retrospective Scooters

Hendro Sutono, Juru Bicara Kosmik, mengatakan, teman-teman di komunitas menyambut baik langkah Kementerian ESDM dalam menginisiasi konversi kendaraan konvensional atau internal combustion engine (ICE) menjadi listrik.

"Kami harapkan langkah ini bisa membuka jalan bagi bengkel-bengkel modifikasi lain untuk mendapat sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar hasil karya bengkel-bengkel tersebut bisa menjadi legal dan diakui keabsahannya untuk mengaspal di jalan raya," kata Hendro, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMSDok. IIMS Kompetisi digital modifikasi motor listrik ICEC yang digagas oleh IIMS

Sebab, menurut Hendro, sebelum keluarnya Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019, teman-teman di Kosmik juga sudah banyak yang melakukan konversi motor bensin ke motor listrik.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.