Ingat Lagi Bahaya Menyalip dari Sisi Kiri

Kompas.com - 24/08/2021, 18:12 WIB
Seorang pengendara motor tewas terserempet Truk Tronton dan tergeletak di jalan saat berupaya menyalip dari kiri sampai terjatuh di Jalan RE Marthadinata, Kota Tasikmalaya, Senin (23/8/2021). KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHASeorang pengendara motor tewas terserempet Truk Tronton dan tergeletak di jalan saat berupaya menyalip dari kiri sampai terjatuh di Jalan RE Marthadinata, Kota Tasikmalaya, Senin (23/8/2021).

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Lagi-lagi terjadi kecelakaan sebuah sepeda motor terserempet truk pada sisi kiri. Peristiwa tersebut terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (23/8/2021) kemarin siang.

Melansir Kompas.com, kejadian bermula saat pengendara sepeda motor nekat menyalip truk tronton dari sebelah kiri. Nahas, sepeda motor tersebut tersenggol ban truk. Akibatnya pengendara motor kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Korban meninggal dunia di lokasi kejadian.

Menanggapi kebiasaan sebagian masyarakat yang masih umum melakukan menyalip kendaraan lewat sebelah kiri, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa kebiasaan tersebut rentan menimbulkan kecelakaan.

Baca juga: Turun Jadi PPKM Level 3, Ini Aturan Perjalanan Darat di Jabodetabek

Sebab menyalip dari sisi kiri akan membuat si pengendara terlalu mepet dengan bahu jalan. Padahal bahu jalan didesain tidak untuk menjadi tempat melaju dengan kecepatan tinggi, apalagi untuk menyalip.

Ilustrasi motor menyalip mobilvisordown.com Ilustrasi motor menyalip mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebab bahu jalan memiliki layer yang berbeda serta permukaan yang lebih kasar. Sehingga lebih bahaya ketika digunakan pada kecepatan di atas 40 kilometer per jam (Kpj),” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu pengendara yang hendak menyalip harus memahami sudut blind spot atau titik buta kendaraan yang hendak disalip. Jangan sampai si pengendara ini terjebak pada posisi blind spot yang membuatnya tidak terlihat oleh pengguna jalan yang hendak disalip.

Baca juga: Alasan Daihatsu Ogah Ikuti Toyota Bermain Performa

Pada kasus di atas, pengendara sepeda motor memaksa menyalip sebuah truk tronton yang dimensinya tentu lebih besar dari truk biasa. Melihat faktor ukuran dari truk tronton tersebut, tentu area blind spot yang dialami sopir truk lebih besar dari kendaraan lainnya.

“Biasakan mendahului dengan mempertimbangkan faktor blind spot dan itu hanya bisa di dapat dengan jarak yang aman,” kata Sony.

menyalip dari kiriKompas.com/Fathan Radityasani menyalip dari kiri

Menyalip dari sebelah kanan memang belum tentu bebas dari blind spot, tapi setidaknya prosedur menyalip dilakukan dengan benar. Dan yang terutama saat melakukan pindah jalur harus sudah melalui pertimbangan yang matang agar aman.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Plafon Mobil, Pakai Cuka dan Pengharum Ruangan

Dari perspektif hukum pun menyalip dari sisi kiri menyalahi aturan. Pada Pasal 109 ayat 1 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tertulis tegas bahwa menyalip harus menggunakan jalur atau lajur sebelah kanan kecuali pada kondisi tertentu.

Kondisi tertentu yang dimaksud antara lain adalah jika lajur sebelah kanan dalam keadaan macet akibat kecelakaan, pohon tumbang, jalan berlubang, genangan air, kendaraan mogok, antrean mengubah arah, atau kendaraan yang hendak menyalip bermaksud berbelok ke arah kiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.