Alasan Daihatsu Ogah Ikuti Toyota Bermain Performa

Kompas.com - 23/08/2021, 15:32 WIB
Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIDaihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) rupanya enggan mengikuti langkah Toyota Astra Motor (TAM) yang baru saja menluncurkan pasukan GR Sport.

Padahal, beberapa produk yang disematkan Toyota dengan embel-embel GR Sport, juga merupakan unit kembaran Daihatsu.

Menjawab hal ini, Marketing & Customer Relations PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, bila setiap brand memiliki strategi produk masing-masing.

"Kalau Toyota punya GR Sport, mereka membuat varian spesial itu tak hanya estetika tapi performa. Kalau Daihatsu sampai saat ini, ADM dan DSO masih berkerja sama untuk fokus estika," ucap Hendrayadi saat sesi konferensi pers, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Nasib Konsumen yang Tak Dapat Unit di Pekan Terakhir Diskon 0 Persen

Toyota Gazoo RacingTAM Toyota Gazoo Racing

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, Hendrayadi menegaskan bila sejauh ini Daihatsu memang belum bermain ke edisi spesial yang meyangkut sisi performa dari produk-produknya.

Selain karena terkait stretegi pemasaran yang berbeda untuk jajaran produknya, alasan lain Daihatsu ogah bermain ke sektor performa karena melihat dari sisi kareakter dan kebutuhan konsumen.

"Dalam men-develope suatu produk, Daihatsu berdasarkan dari kebutuhan konsumennya dulu," ucap Hendrayadi.

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

"Segmentasi antara Daihatsu dan Toyota itu beda, segmentasi kami hanya memenuhi kebutuhan pasar dulu. Jadi untuk saat ini kami ke estetika, untuk performa belum bisa disampaikan dulu," kaa dia.

Baca juga: Daihatsu Minta Maaf, Terios dan Xenia Inden 5 Bulan

Seperti diketahui, setelah dengan Raize, Toyota baru saja merilis tambahan model dengan kemasan GR Sport untuk produk lainnya. Mulai dari Yaris, Rush, Fortuner, Agya, dan Veloz.

Bahkan nantinya, Toyota juga akan menyiapkan aksesori khusus GR Sport yang menyangkut sektor performa.  Ada pertimbangan Toyota akan memasarkan aksesori Gazoo Racing seperti modifikasi bagian mesin, suspensi, sampai ke muffler.

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety SenseKOMPAS.COM/Setyo Adi Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

Untuk Daihatsu sendiri, pada Rocky tersemat varian Astra Daihatsu Styling (ADS). Varian ini punya tampilan sedikit beda dari versi biasa imbas adanya sentuhan sediki make up tambahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.