Jarang Naik Podium, Marquez Makin Termotivasi

Kompas.com - 23/08/2021, 20:01 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Marc Marquez baru satu kali naik podium, tapi dengan kemenangan. Selebihnya, posisinya cukup jauh dari podium.

Hampir satu tahun berlalu, pebalap Repsol Honda Team itu masih belum kembali ke kondisinya seperti saat sebelum cedera. Patah tulang pada tangan kanannya tersebut sangat mempengaruhi performanya.

Baca juga: Marc Marquez Minum Obat Pereda Nyeri Sebelum Balapan

Meskipun, pada MotoGP Austria, Marquez sempat tampil kompetitif saat kondisi trek kering. Tapi, ketika balapan berjalan secara flag-to-flag, Marquez malah terjatuh dan finis jauh di belakang.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Sangat sulit menerima bahwa semua orang lebih cepat dari Anda, tapi Anda harus menyadari ada di mana Anda, dan ke mana Anda pergi," ujar Marquez, kepada The Guardian, dikutip dari Speedweek.com, Senin (23/8/2021).

Meski demikian, Marquez mengaku sekarang motivasinya lebih besar dibanding sebelumnya. Menurutnya, ini pertama kalinya dia mengalami masa sulit dalam karirnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Akhirnya Ngaku, Marc Marquez Pernah Takut Tangannya Tak Bisa Sembuh

"Dalam masa yang sulit, Anda harus menunjukkan potensi Anda. Dalam masa menyenangkan, semua orang senang, tenang, dan cepat. Tapi, di masa sulit, Anda harus berjuang," kata Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Menurutnya, cara paling mudah adalah berhenti satu tahun atau dua tahun, lalu kembali lagi ketika sudah siap. Tapi, itu bukan gayanya.

"Gaya saya adalah menderita, mencoba untuk meningkat, dan kembali. Lalu, menikmatinya di atas motor. Sebab, sekarang saya tidak menikmatinya, sekarang saya menderita," ujar Marquez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.