Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting Pastikan Sabuk Pengaman Berfungsi Saat Beli Mobil Bekas

Kompas.com - 23/08/2021, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian masyarakat, membeli mobil bekas yang cocok bukanlah perkara mudah. Sebab, ada berbagai hal yang patut diperhatikan terlebih jika koceknya cukup terbatas.

Secara umum, untuk pengecekkan kondisi mobil bekas cukup mudah dan bisa dilakukan di diler terpercaya. Hanya saja, seiring kali ada salah satu komponen penting yang terlewatkan yaitu sabuk pengaman.

Sabuk pengaman atau seatbelt merupakan fitur pengaman dalam berkendara yang berkerja untuk menahan badan agar tidak terempas dari tempat duduk. Maka dari itu, pemeriksaan fitur ini sangat penting untuk dilakukan

Baca juga: Hot Wheels Kolaborasi Hadirkan Sepeda Listrik Limited Edition

Ilustrasi jual beli mobil bekas.Dok. iStock/Fahroni Ilustrasi jual beli mobil bekas.

CEO OtoSpector Jeffrey Andika mengatakan, bila sabuk pengaman mengalami kerusakan atau cacat maka fitur keselamatan mobil akan berkurang. Jadi perlu untuk di cek baik dari kepala sabuk sampai kain sabuknya.

“Kalau talinya sudah mulai banyak sobek, meskipun fungsi normal saat terjadi kecelakaan, maka tetap tidak bisa menahan pengendara juga di kursi,” ujar Jeffrey saat dihubungi Kompas.com.

Jeffrey menyarankan saat ingin membeli mobil bekas, calon pembeli sebaiknya lakukan tes kecil terlebih dahulu dengan menarik sabuk pengaman dengan cepat.

“Coba tarik seatbelt dengan keras (ditarik dengan hentakan). Jika dientak, fungsi seatbelt yang normal seharusnya tidak bisa ditarik atau memanjang untuk menahan tubuh pengendara,” katanya.

Baca juga: Masih Berlaku di Jakarta, Catat Ruas Jalan yang Terapkan Ganjil Genap

seat beltwww.otosay.com seat belt

Terutama bagi mobil dengan fitur seatbelt pretensioner, di mana fungsi penahan sabuk digunakan untuk menahan tubuh saat benturan dan hal tersebut harus diganti setelah kecelakaan.

“Selain itu, pemeriksaan sabuk pengaman ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan scanner OBD. Sensor pada mobil akan memberitahukan bahwa sabuk pengaman rusak dan butuh penggantian,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com