Di Amerika, Mobil Listrik Masih Kalah Populer Dibandingkan Pikap

Kompas.com - 17/08/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi truk pikap Chevrolet CARBUZZ.comIlustrasi truk pikap Chevrolet

JAKARTA, KOMPAS.com – Beralihnya industri otomotif ke kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) dari mesin bakar internal (Internal Combustion Engine/ICE) menjadi sebuah keniscayaan.

Namun di Amerika Serikat, peralihan tersebut rupanya masih kalah besar dengan tren truk pikap besar yang sudah berkuasa selama bertahun-tahun.

Menurut laporan Reuters (16/8/2021), produsen mobil di AS kabarnya akan terus membuat truk pikap dan mobil sport daripada mobil listrik hingga akhir 2020-an.

Baca juga: Aspal Sirkuit Mandalika Sudah Mulus 100 Persen

Truk pikap FordCARBUZZ.com Truk pikap Ford

Seperti diketahui, popularitas truk pikap di AS memang jadi tantangan tersendiri bagi industri maupun pemerintah yang menyusun regulasi.

Rencana untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan gas polutan lainnya dari mesin bakar internal, tampaknya masih jauh dari angan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Permintaan yang tak kunjung padam untuk truk pikap dan SUV ukuran besar di AS jadi salah satu alasan.

Baca juga: Stok Toyota Rush TRD Sportivo Masih Ada, Diskon Rp 8 Juta

Ilustrasi charging station mobil listrik Tesla di Norwegia.UK.MOTOR1.com Ilustrasi charging station mobil listrik Tesla di Norwegia.

Apalagi konsumen juga bersedia membayar mahal untuk truk pikap premium. Sementara mobil listrik dari produsen ternama, seperti Tesla, masih menjadi segmen khusus.

Tahun ini, produksi truk pikap dan SUV di Amerika diprediksi akan menjadi mencapai 3,3 juta unit dan hampir semuanya menggunakan mesin bensin ataupun diesel.

Adapun pada tahun 2028, jumlah itu diperkirakan akan naik menjadi 3,75 juta unit, dan hanya sebagian kecil yang akan ditawarkan dengan motor listrik dan baterai.

Baca juga: Minat Toyota Raize GR Sport CVT, Ini Biaya Perawatan sampai 100.000 km

Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf Foto: Wikipedia/H.Kashioka Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf

Tak heran jika segmen ini disebut jadi yang paling menguntungkan dibandingkan mobil lainnya, namun konsekuensinya harus dibayar dengan emisi gas buang yang lebih besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.