Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspal Sirkuit Mandalika Sudah Mulus 100 Persen

Kompas.com - 16/08/2021, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengaspalan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB sudah selesai 100 persen, tepat sebelum HUT ke-76 RI, Selasa (17 Agustus 2021). Artinya, kondisi permukaan sirkuit sudah dilapis aspal mulus dan siap untuk segera digunakan sesuai target akhir 2021.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan, pengaspalan trek dengan panjang 4,310 km dan punya 17 tikungan tersebut sudah selesai dan tersambung.

"Welcome to WorldSBK 2021 dan MotoGP 2022! Be ready," tulis MGPA dalam akun resmi, dikutip Minggu (15/8/2021).

Baca juga: Ada Diskon Servis dari Yamaha Jatim Jelang Momen Kemerdekaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

 

Selanjutnya ialah pengerjaan service road dan run off. Kemudian race control dan medical center akan dikebut selesai sebelum November 2021.

Dalam acara seremoni penyelesaian pengerjaan pengaspalan, Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, mengatakan, Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit kebanggaan Indonesia.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi serta rekan-rekan BUMN yang telah dan akan terus memberikan dukungan kepada ITDC dan kawasan The Mandalika untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan di dunia," katanya mengutip akun ITDC.

 

Sirkuit MandalikaFoto: Tangkapan layar Sirkuit Mandalika

"Mari mempersiapkan diri untuk event WSBK pada 12-14 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 sehingga dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," katanya.

"Semoga selesainya main track sirkuit Mandalika ini memicu pemulihan bangsa dan kebangkitan pariwisata. Semoga momen ini yang terjadi sebelum 17 Agustus menjadi pemicu kita tumbuh dan terus tangguh," katanya.

Baca juga: Hasil Moto2 GP Austria: Raul Fernandez Podium, Thomas Luthi 10 Besar

 

Desain atap bangunan Race Control di Sirkuit Mandalika terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok TengahDok. MGPA Desain atap bangunan Race Control di Sirkuit Mandalika terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok Tengah

Pekan lalu (11/8/2021) MGPA mengabarkan pengaspalan outer dan inner service road sudah 98 persen, pengaspalan track lane sudah 68 persen, pengaspalan run off  37 persen, run off gravel 99 persen, dan run off grass sudah 98 persen.

"Kemudian ada pekerjaan yang sudah selesai 100 persen seperti tunnel utara dan tunnel selatan, serta pemasangan concrete barrier," tulis MGPA

Selain itu, untuk pekerjaan bangunan infrastruktur didalam sirkuit seperti race control sudah mencapai 83,75 persen dan fondasi pit building mencapai 85,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com