Simak Daftar Ruas Tol Trans-Jawa yang Mengalami Kenaikan Tarif

Kompas.com - 17/08/2021, 08:02 WIB
Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono kilometer 603-604 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (9/5/2021). Pada H-4 lebaran dan hari keempat penerapan larangan mudik lebaran 2021 ruas jalan tol Trans Jawa di wilayah tersebut terpantau masih sepi dan banyak didominasi kendaraan pengangkut barang. ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp. ANTARA FOTO/SISWOWIDODOKendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono kilometer 603-604 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (9/5/2021). Pada H-4 lebaran dan hari keempat penerapan larangan mudik lebaran 2021 ruas jalan tol Trans Jawa di wilayah tersebut terpantau masih sepi dan banyak didominasi kendaraan pengangkut barang. ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pertengahan tahun 2021 ini, sejumlah ruas jalan di Tol Trans-Jawa mengalami penyesuaian tarif untuk semua golongan kendaraan. Penyesuaian ini dilakukan secara parsial, dalam arti tidak serentak tetapi bertahap tiap ruas.

Jelas, para pengguna jalan tol wajib menyiapkan saldo lebih banyak pada kartu pembayaran tol elektronik. Sebab pemberlakuan tarif baru yang dimaksud merupakan kenaikan harga yang lebih mahal dari tarif lama.

Pengumuman mengenai perubahan tarif ini selalu diunggah pada akun Instagram masing-masing pengelola ruas jalan tol terkait beberapa hari sebelum diresmikan. Tujuannya agar masyarakat tidak kaget dengan adanya tarif baru.

Baca juga: Cuma Rp 100 Jutaan, Kijang Innova Reborn Bekas Golden Bird

Sebagai gambaran, mengutip Kompas.com, tarif tol Jakarta-Surabaya maupun sebaliknya untuk kendaraan golongan I naik sebesar 4,41 persen. Awalnya total tarif yang harus dibayar Rp 691.500, kini naik jadi Rp 722.000.

Perhitungan tersebut mulai berlaku Kamis (19/8/2021) pukul 00.00 WIB, pada saat dua ruas tol Trans-Jawa yakni Batang-Semarang dan Solo-Ngawi meresmikan kenaikan tarif barunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain kedua ruas tol tersebut, ada beberapa ruas tol lain yang sudah lebih dahulu melakukan penyesuian tarif terhitung sejak April 2021 silam.

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Pilih Alphard Bekas atau Avanza Baru?

Ruas Tol Ngawi-Kertosono

Melihat daftar tarif terbaru yang diberlakukan sejak April 2021, untuk rute terjauh dari Klitik ke Kertosono maupun sebaliknya, kendaraan Golongan I akan dikenakan tarif Rp 91.000. Naik Rp 3.000 dari tarif sebelumnya Rp 88.000.

Ruas Tol Semarang-Solo

Pada ruas tol yang terkenal dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi ini, kenaikan tarif yang diberlakukan mulai akhir Juni 2021 sebesar Rp 10.000 untuk rute terjauhnya, yakni Gerbang Tol (GT) Banyumanik dan Kartasura.

Baca juga: Tips Rem Mendadak Saat Kecepatan Tinggi bagi Pengendara Sepeda Motor

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.