Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Daftar Ruas Tol Trans-Jawa yang Mengalami Kenaikan Tarif

Kompas.com - 17/08/2021, 08:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pertengahan tahun 2021 ini, sejumlah ruas jalan di Tol Trans-Jawa mengalami penyesuaian tarif untuk semua golongan kendaraan. Penyesuaian ini dilakukan secara parsial, dalam arti tidak serentak tetapi bertahap tiap ruas.

Jelas, para pengguna jalan tol wajib menyiapkan saldo lebih banyak pada kartu pembayaran tol elektronik. Sebab pemberlakuan tarif baru yang dimaksud merupakan kenaikan harga yang lebih mahal dari tarif lama.

Pengumuman mengenai perubahan tarif ini selalu diunggah pada akun Instagram masing-masing pengelola ruas jalan tol terkait beberapa hari sebelum diresmikan. Tujuannya agar masyarakat tidak kaget dengan adanya tarif baru.

Baca juga: Cuma Rp 100 Jutaan, Kijang Innova Reborn Bekas Golden Bird

Sebagai gambaran, mengutip Kompas.com, tarif tol Jakarta-Surabaya maupun sebaliknya untuk kendaraan golongan I naik sebesar 4,41 persen. Awalnya total tarif yang harus dibayar Rp 691.500, kini naik jadi Rp 722.000.

Perhitungan tersebut mulai berlaku Kamis (19/8/2021) pukul 00.00 WIB, pada saat dua ruas tol Trans-Jawa yakni Batang-Semarang dan Solo-Ngawi meresmikan kenaikan tarif barunya.

Selain kedua ruas tol tersebut, ada beberapa ruas tol lain yang sudah lebih dahulu melakukan penyesuian tarif terhitung sejak April 2021 silam.

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Pilih Alphard Bekas atau Avanza Baru?

Ruas Tol Ngawi-Kertosono

Melihat daftar tarif terbaru yang diberlakukan sejak April 2021, untuk rute terjauh dari Klitik ke Kertosono maupun sebaliknya, kendaraan Golongan I akan dikenakan tarif Rp 91.000. Naik Rp 3.000 dari tarif sebelumnya Rp 88.000.

Ruas Tol Semarang-Solo

Pada ruas tol yang terkenal dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi ini, kenaikan tarif yang diberlakukan mulai akhir Juni 2021 sebesar Rp 10.000 untuk rute terjauhnya, yakni Gerbang Tol (GT) Banyumanik dan Kartasura.

Baca juga: Tips Rem Mendadak Saat Kecepatan Tinggi bagi Pengendara Sepeda Motor

Ruas Tol Gempol-Pasuruan

Penyesuaian tarif tol di Ruas Gempol-Pasuruan mulai diberlakukan belum lama ini, yakni Minggu (1/8/2021). Ruas tol yang memiliki akses langsung menuju Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) ini mengalami kenaikan tarif rata-rata sebesar Rp 500 hingga Rp 5.000 per transaksi di tiap gerbang tol.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Jasamarga Gempol Pasuruan (@jm.gempas)

Ruas Tol Solo-Ngawi dan Batang-Semarang

Terbaru, kedua ruas tol ini mengalami penyesuaian tarif secara bebarengan, yakni mulai Kamis (19/8/2021).

Lebih detail, daftar tarif tol terbaru untuk ruas Solo-Ngawi disosialisasikan via media sosial pengelola.

Lalu untuk ruas Batang-Semarang yang menjadi salah satu bagian dari Proyek Strategis Nasional dengan total panjang 75 kilometer. Daftar tarif terbarunya diunggah pada akun sosial media pengelola terkait.

eduaedua
 
Detected language : Basque
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com