Toyota Siapkan Generasi Baru Land Cruiser Prado

Kompas.com - 16/08/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Toyota Land Cruiser Prado CARSCOOPS.comIlustrasi Toyota Land Cruiser Prado

JAKARTA, KOMPAS.comToyota dikabarkan bakal meluncurkan Land Cruiser Prado dalam waktu dekat. Rencana ini dilakukan menyusul kehadiran Land Cruiser 300 yang telah menggantikan Seri 200 setelah 14 tahun.

Dilansir dari Carscoops (15/8/2021), Prado Seri 150 yang sudah hadir sejak 2009 telah mendapatkan banyak pembaruan selama 12 tahun. Tercatat mobil ini dua kali mengalami facelift, yakni pada 2013 dan 2017.

Kemudian pada 2020, Prado mendapatkan ubahan signifikan pada powertrain dan peningkatan sejumlah fitur. Sementara untuk edisi peringatan 70 tahun diluncurkan pada 2021.

Baca juga: Hyundai Custo, Calon MPV Baru Penantang Kijang Innova

Toyota Land Cruiser PradoCARSCOOPS.com Toyota Land Cruiser Prado

Rencananya, Prado Seri 250 akan diluncurkan paling cepat 2022 atau setidaknya 2023, atau dua tahun setelah Land Cruiser 300 meluncur.

Seperti diketahui, jeda waktu tersebut sama halnya ketika Land Cruiser 200 meluncur, dua tahun kemudian akhirnya meluncur Prado Seri 150.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Generasi baru Prado kabarnya masih akan mempertahankan arsitektur body-on-frame yang khas. Namun, secara desain tampaknya bakal revolusioner, seperti ubahan dari Land Cruiser 200 ke Seri 300.

Baca juga: Bunyikan Sirene dan Minta Jalan, Sopir Ambulans Ini Dikritik Warganet

Toyota Land Cruiser PradoCARSCOOPS.com Toyota Land Cruiser Prado

Sementara itu, Prado juga akan mempertahankan kapasitas tujuh penumpang, dengan tiga baris tempat duduk. Termasuk juga penggunaan berbagai fitur modern, seperti halnya mobil baru lain.

Dari info yang beredar, Prado disebut-sebut akan mengusung platform GA-F yang sama dengan Land Cruiser 300, tapi versi kompak.

Sasis ini tidak hanya akan membuatnya lebih ringan dibandingkan pendahulunya, tetapi juga secara signifikan meningkatkan penanganan di jalan raya dan kualitas pengendaraan, tanpa mengorbankan kemampuan off-road.

Baca juga: Hasil MotoGP Austria 2021: Seru! Binder Juara, Rossi Kedelapan

Toyota Land Cruiser PradoCARSCOOPS.com Toyota Land Cruiser Prado

Untuk mendukung performanya saat melaju di medan offroad, Prado mewarisi fitur seperti sistem Electronic-Kinetic Dynamic Suspension (eKDSS) yang canggih dari Land Cruiser GR Sport, bersama dengan fitur elektronik lain yang lebih canggih.

Bicara soal mesin, diperkirakan Prado bakal mengusung mesin diesel hybrid yang tengah dikembangkan Toyota untuk model 4x4 pada masa depan dan sejumlah kendaraan komersial.

Untuk mesin konvensional, Toyota sepertinya masih memberikan pilihan mesin diesel 2.800 cc turbodiesel bertenaga 200 tk dan torsi 500 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dan system 4WD standar.

Baca juga: Bocor Penampakan Honda CR-V Model Baru, Meluncur 2022

Toyota Land Cruiser PradoCARSCOOPS.com Toyota Land Cruiser Prado

Ada juga kemungkinan Toyota mempensiunkan dapur pacu tersebut, demi memasangkan mesin diesel V6 twin-turbo 3.300 cc twin-turbo yang ada di Land Cruiser 300.

Seperti diketahui, mesin tersebut menghasilkan tenaga 304 tk dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke system penggerak 4WD, melalui transmisi otomatis 10-percepatan Direct Shift



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.