Penyekatan Ditiadakan, Contra Flow di Tol Dalam Kota Kembali Berlaku

Kompas.com - 12/08/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi DKI Jakarta memutuskan mengganti sistem penyekatan di 100 titik wilayah Ibu Kota guna menekan mobilitas masyarakat pada 12 Agustus 2021, termasuk Tol Dalam Kota.

Sebagai gantinya, kini sampai pada 16 Agustus 2021 kembali diberlakukan pembatasan dengan skema ganjil-genap dan pengendalian di beberapa wilayah tertentu.

Pada jalur tol, sebagaimana diungkapkan oleh Corporate Communication Departemen Head Jasa Marga Irra Soenardi, bakal diberlakukan kembali contra flow seperti sebelumnya.

"Mulai dari Kamis, 12 Agustus 2021 Jasa Marga akan kembali berlakukan contra flow dalam kota," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (11/8/2021).

Baca juga: Siap-siap, Mulai 12 Agustus Ganjil Genap Jakarta Berlaku Lagi

Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek

Adapun tujuan dari langkah ini masih serupa, yakni tetap mengendalikan mobilitas masyarakat.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut bahwa ganjil genap di Jakarta akan berlangsung selama 12-16 Agustus 2021 di delapan ruas tertentu.

Aturan ini hanya berlaku untuk kendaraan bermotor roda empat dan lebih, serta bertujuan membatasi mobilitas pada 06.00 WIB - 20.00 WIB.

Baca juga: Catat Lokasi Ganjil Genap dan Pembatasan Mobilitas di Ibu Kota

"Penyekatan di 100 titik akan kita hentikan dan kita ganti dengan tiga cara bertindak yang baru, terkait dengan pengendalian mobilitas," kata Sambodo, Selasa (10/8/2021).

Lebih jauh, cara pertama dengan memberlakukan kembali ganjil genap di 8 titik mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB. Cara kedua dengan pengendalian mobilitas kawasan dengan sistem patroli selama 24 jam.

Ketiga, pengendalian mobilitas dengan sistem rekayasa lalu lintas dan akan bersifat situasional (bisa berlaku di mana saja).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.