Jumlah Penumpang Bus AKAP Selama PPKM Tidak Boleh Penuh

Kompas.com - 12/08/2021, 10:12 WIB
Sejumlah penumpang hendak menaiki bus di depan Terminal Bayangan Cimanggis, Tangerang Selatan, Senin (3/5/2021). mudik singkatan apa, arti mudik, mudik adalah, arti mudik, mudik artinya. KOMPAS.com/Tria SutrisnaSejumlah penumpang hendak menaiki bus di depan Terminal Bayangan Cimanggis, Tangerang Selatan, Senin (3/5/2021). mudik singkatan apa, arti mudik, mudik adalah, arti mudik, mudik artinya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 16 Agustus 2021. Tujuan dari berlakunya PPKM ini tentu untuk mengurangi penularan Covid-19.

Salah satu hal yang dilakukan pembatasan adalah mobilitas masyarakat. Baik masyarakat yang ingin pergi keluar kota dengan kendaraan umum maupun pribadi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Ketika ingin melakukan perjalanan dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), persyaratan yang harus dipenuhi pelaku perjalanan sudah tertuang pada Surat Edaran Nomor 56 Tahun 2021.

Baca juga: Siap-siap, Mulai 12 Agustus Ganjil Genap Jakarta Berlaku Lagi

Penumpang bus yang berangkat dari Terminal Bus Kalideres menunjukkan sertifikat Covid-19 sebagai syarat perjalanan.Dok. Terminal Bus Kalideres Penumpang bus yang berangkat dari Terminal Bus Kalideres menunjukkan sertifikat Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

Pada SE 56 tersebut, pelaku perjalanan jauh dengan transportasi umum harus menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes RT-PCR dengan pengambilan sampel maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen yang diambil sampelnya 1x24 jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain ada syarat yang harus dipenuhi pelaku perjalanan, jumlah kapasitas yang ada di kabin bus pun dibatasi.

Misalnya penumpang paling banyak 50 persen dari jumlah kapasitas tempat duduk untuk daerah di Pulau Jawa dan Bali dengan kategori PPKM Level 4.

Baca juga: Video Viral Motor Tua Gendong Yamaha Xmax di Jok Belakang

Sedangkan untuk daerah dengan kategori PPKM Level 3, kabin bus bisa diisi sampai 70 persen dari jumlah tempat duduk yang ada. Pembatasan 50 persen penumpang ini juga berlaku di daerah di luar Pulau Jawa dan Bali dengan kategori PPKM Level 4.

Perlu diingat, saat bepergian dengan bus AKAP, penumpang wajib mengenakan masker 3 lapis yang menutupi mulut dan hidung.

Penumpang juga tidak disarankan untuk berbicara baik satu arah maupun dua arah, langsung atau lewat telepon selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.