Bahaya Cuci Motor Pakai Kompresor, Bisa Rusak 4 Komponen Ini

Kompas.com - 08/08/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi cuci motor http://4.bp.blogspot.com/Ilustrasi cuci motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perawatan sepeda motor yang paling mudah adalah mencucinya. Dengan mencuci motor, maka kotoran-kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan dapat dibersihkan.

Sebagian orang memilih untuk mencuci motor menggunakan bantuan kompresor karena dinilai lebih praktis. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan alat tersebut tidak bisa asal semprot pada semua bagian.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jarang Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Bocor?

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, saat mencuci sepeda motor tidak menggunakan air bertekanan tinggi. Sebab, dapat menganggu dan merusak bagian-bagian komponen pada motor.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Ada empat komponen pada motor yang dapat rusak jika disemprot dengan air bertekanan tinggi, yakni radiator, rantai roda, panel instrumen, dan lubang box element cleaner.

"Bagian pada sirip-sirip radiator sangat sensitif terhadap benturan dengan benda lainnya, sehingga tidak disarankan menggunakan air bertekanan tinggi," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ingat, Jangan Cuci Motor Pakai Sabun Cuci Piring

Ade menambahkan, pada rantai roda jika dibersihkan dengan air bertekanan tinggi, dikhawatirkan pelumas yang tersimpan pada bagian dalam roller rantai dapat keluar. Sehingga, rantai menjadi kering dan kaku, serta cepat rusak.

Hindari kebiasaan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan panas.Donnyantoro Hindari kebiasaan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan panas.

"Panel speedometer, kunci kontak, lampu-lampu atau komponen sistem kelistrikan juga sangat sensitif terhadap air bertekanan tinggi. Sebab, air bisa masuk dan mengganggu fungsi kerja komponen tersebut," kata Ade.

Ade mengatakan, penting untuk memperhatikan lubang pada box element cleaner, jangan sampai kemasukan air saat dicuci. Sebab, dapat membuat masuknya udara ke ruang bakar menjadi terganggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.