Satlantas Polres Pati Adakan Pelatihan Uji Praktik SIM

Kompas.com - 08/08/2021, 10:01 WIB
Coaching Clinic uji praktik SIM yang digelar Satlantas Polres Pati Coaching Clinic uji praktik SIM yang digelar Satlantas Polres Pati

PATI, KOMPAS.com - Dalam mengemudikan kendaraan bermotor, seorang pengemudi wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai tanda legal bahwa dirinya mampu dan memenuhi kualifikasi yang ditetapkan.

Dalam mendapatkan SIM pun tidak bisa instan. Ada berbagai tahapan dan ujian baik secara teoritis maupun praktik guna membuktikan kelayakan seseorang untuk mendapatkan SIM.

Oleh karena itu, Satlantas Polres Pati menggelar pelatihan uji praktik SIM bagi masyarakat. Program bertajuk "Coaching Clinic" ini resmi diluncurkan pada Kamis (5/8/2021) kemarin.

Pelatihan uji praktik SIM ini dilaksanakan rutin setiap hari aktif pelayanan, yaitu mulai Senin sampai Jumat pukul 14.00-16.00 WIB.

Baca juga: Ambulans Kosong Bolehkah Dapat Prioritas di Jalan? Begini Aturannya

Baur SIM Satlantas Polres Pati Bripka Hery Prayitno menjelaskan bahwa program ini ditujukan bagi masyarakat yang hendak membuat SIM baru namun ingin mengetahui materi uji praktik terlebih dahulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Coaching Clinic uji praktik SIM yang digelar Satlantas Polres PatiPolres Pati Coaching Clinic uji praktik SIM yang digelar Satlantas Polres Pati

“Jadi, nanti pada saat ujian sudah mempunyai gambaran tentang ujiannya bagaimana, tesnya apa saja. Peserta coaching clinic didampingi oleh petugas uji yang ditetapkan,” kata Hery dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/8/2021).

Dengan adanya program pelatihan uji praktik SIM ini, diharapkan masyarakat yang ingin membuat SIM tidak takut untuk tidak lulus lagi.

Baca juga: Cara Mudah Cek Besaran Pajak Kendaraan Secara Online

Sebab petugas sudah memfasilitasi dan mendampingi para pendaftar dalam pelatihan tersebut.

Perlu diketahui, untuk membuat SIM baru, tarif yang ditentukan telah diatur dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di institusi kepolisian.

Lebih detail, berikut biaya penerbitan SIM baru tiap golongannya.

  • SIM A dan A Umum: Rp 120.000
  • SIM B I dan B I Umum: Rp 120.000
  • SIM B II dan B II Umum: Rp 120.000
  • SIM C, C I, dan C II: Rp 100.000
  • SIM D: Rp 50.000
  • SIM Internasional: Rp 250.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.