Lihat Bodi Bus Listrik Buatan Karoseri Laksana, E-Citilyne

Kompas.com - 05/08/2021, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Operator bus TransJakarta Mayasari Bakti belum lama ini memamerkan bus listrik yang akan beroperasi di Jakarta. Unit tersebut akan digunakan sebagai bus non-BRT dengan lantai rendah yang terintegrasi dengan TransJakarta.

Bus listrik milik Mayasari Bakti ini didatangkan secara utuh dari China, dengan merek BYD tipe K9. Selain didatangkan secara utuh, karoseri di Indonesia sebenarnya juga sudah ada yang membuat bodi khusus untuk bus listrik perkotaan.

Karoseri Laksana sudah meluncurkan bodi yang dinamai E-Cityline khusus untuk sasis bus listrik. Nama Cityline sendiri sudah sangat terkenal karena digunakan sebagai armada TransJakarta atau bus kota lainnya seperti Suroboyo Bus.

Baca juga: Aramco VR46 Siap Meluncur, Rossi Bakal Diguyur Rp 2,5 Triliun

Bus listrik buatan karoseri LaksanaINSTAGRAM/MBAH_INU Bus listrik buatan karoseri Laksana

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bodi E-Cityline racikan Laksana sudah dirancang agar ringan, mengingat sasis bus listrik yang membawa baterai biasanya lebih berat dibanding sasis bus biasa.

“Kami menggunakan rangka bodi dari stainless steel untuk bodi Cityline. Dengan begitu, rangka dari stainless steel ini lebih ringan sekitar 500 kg dibandingkan menggunakan rangka dari besi,” kata Werry kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Werry mengklaim kalau bodi buatan Laksana ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengaplikasikan rangka stainless steel pada bus. Dengan rangka yang ringan, cocok dipasangkan ke sasis bus listrik yang berat.

Baca juga: Bahas Suzuki GSX-R600 K8, Moge Sport yang Banyak Dicari di Indonesia

Secara tampilan, bodi E-Cityline dengan Cityline biasa tidak begitu berbeda. Hanya detail-detail kecil seperti di bagian depan yang memberikan kesan futuristis.

Selain itu, bodi E-Citylie ini juga bisa dipasang ke sasis bus listrik merek apa saja. kalau yang sudah ada saat ini, bodi E-Cityline sudah terpasang ke sasis bus listrik merek BYD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.