Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rocky dan Raize, Meski Kembar Punya Fitur yang Berbeda

Kompas.com - 05/08/2021, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky dan Toyota Raize jadi produk mobil kembar kesekian kalinya yang diluncurkan perseroan. Kedua mobil telah meluncur di Indonesia pada April 2021, sebelumnya debut global SUV kompak tersebut dilakukan di Jepang pada 2019.

Untuk diketahui, di Indonesia proyek kerja sama ini sudah berlangsung sejak 2004 ketika Avanza dan Xenia diluncurkan. Lalu Rush dan Terios sekitar 2006, Agya dan Ayla tahun 2013, kemudian Calya dan Sigra pada 2016.

Semua mobil kembar itu diproduksi secara lokal di fasilitas PT Astra Daihatsu Motor (ADM), bahkan beberapa juga dikirim ke luar negeri dalam bentuk CBU.

Baca juga: Pindad MV2 4x4 Dijual Umum, Berapa Harga dan Siapa Targetnya ?

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu melalui Raize dan RockyDOK. ADM-TAM Kolaborasi Toyota dan Daihatsu melalui Raize dan Rocky

Bicara soal Rocky dan Raize, meskipun kembar dan mirip di beberapa sisi, namun kedua produk tetap memiliki perbedaan.

Paling mencolok perbedaan dari sisi fitur, di mana Raize varian teratas memiliki Adaptive Cruise Control, sementara Rocky tidak ada.

Budi Mahendra, Marketing Product Planning Division Head PT ADM, mengatakan, kedua mobil sengaja diberikan fitur berbeda untuk menjaring konsumen yang lebih banyak.

Baca juga: Aksi Lempar Batu dan Pemalakan Bus dan Truk Semakin Meresahkan

Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

“Perbedaan spek brand Daihatsu dengan Toyota juga terjadi di produk kolaborasi yang lain,” ujar Budi, kepada Kompas.com (4/8/2021).

“Memang dirancang seperti itu, agar bisa grasp konsumen lebih luas, jadi bisa grasp segmen konsumen yang berbeda,” kata dia.

Budi juga menambahkan, Rocky menyasar konsumen muda yang masih single atau sudah berkeluarga. Menurutnya, mereka mencari mobil yang lebih stylish seperti Rocky.

“Model 1.0L TC untuk yang lebih menginginkan performa tinggi dengan fitur yang lengkap. Sementara model 1.2L lebih kepada yang lebih mencari efisiensi bahan bakar dan harga yang lebih terjangkau,” kata ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com