Rocky dan Raize, Meski Kembar Punya Fitur yang Berbeda

Kompas.com - 05/08/2021, 15:41 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019. carspiritpk.comToyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.
|

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky dan Toyota Raize jadi produk mobil kembar kesekian kalinya yang diluncurkan perseroan. Kedua mobil telah meluncur di Indonesia pada April 2021, sebelumnya debut global SUV kompak tersebut dilakukan di Jepang pada 2019.

Untuk diketahui, di Indonesia proyek kerja sama ini sudah berlangsung sejak 2004 ketika Avanza dan Xenia diluncurkan. Lalu Rush dan Terios sekitar 2006, Agya dan Ayla tahun 2013, kemudian Calya dan Sigra pada 2016.

Semua mobil kembar itu diproduksi secara lokal di fasilitas PT Astra Daihatsu Motor (ADM), bahkan beberapa juga dikirim ke luar negeri dalam bentuk CBU.

Baca juga: Pindad MV2 4x4 Dijual Umum, Berapa Harga dan Siapa Targetnya ?

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu melalui Raize dan RockyDOK. ADM-TAM Kolaborasi Toyota dan Daihatsu melalui Raize dan Rocky

Bicara soal Rocky dan Raize, meskipun kembar dan mirip di beberapa sisi, namun kedua produk tetap memiliki perbedaan.

Paling mencolok perbedaan dari sisi fitur, di mana Raize varian teratas memiliki Adaptive Cruise Control, sementara Rocky tidak ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Budi Mahendra, Marketing Product Planning Division Head PT ADM, mengatakan, kedua mobil sengaja diberikan fitur berbeda untuk menjaring konsumen yang lebih banyak.

Baca juga: Aksi Lempar Batu dan Pemalakan Bus dan Truk Semakin Meresahkan

Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

“Perbedaan spek brand Daihatsu dengan Toyota juga terjadi di produk kolaborasi yang lain,” ujar Budi, kepada Kompas.com (4/8/2021).

“Memang dirancang seperti itu, agar bisa grasp konsumen lebih luas, jadi bisa grasp segmen konsumen yang berbeda,” kata dia.

Budi juga menambahkan, Rocky menyasar konsumen muda yang masih single atau sudah berkeluarga. Menurutnya, mereka mencari mobil yang lebih stylish seperti Rocky.

“Model 1.0L TC untuk yang lebih menginginkan performa tinggi dengan fitur yang lengkap. Sementara model 1.2L lebih kepada yang lebih mencari efisiensi bahan bakar dan harga yang lebih terjangkau,” kata ucap Budi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.