PPKM Level 4, Cegah Tikus Bersarang di Mesin Mobil Saat Parkir

Kompas.com - 27/07/2021, 18:21 WIB
Ilustrasi tikus Ilustrasi tikus
|

JAKARTA, KOMPAS. com - Pemerintah RI resmi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat (PPKM) level 4 di wilayah Jawa dan Bali sampai 2 Agustus 2021 mendatang.

Sejalan dengan hal tersebut, mobilitas masyarakat masih dibatasi walau terdapat beberapa aspek yang mulai dilonggarkan. Sehingga membuat kendaraan kesayangan lebih lama parkir di garasi rumah.

Terlalu lama mobil diparkir, pemilik harus waspada beberapa hal agar keadaannya selalu optimal. Selain bensin dan oli yang tak maksimal lagi, bisa jadi ruang mesin jadi sarang tikus.

Baca juga: Busi Mobil Mati Harus Diganti Semua, Ini Alasannya

Ruang mesin Toyota HarrierPAULTAN.org Ruang mesin Toyota Harrier

Tikus yang tinggal di ruang mesin sebenarnya sangat merugikan pemilik mobil. Tikus kerap menggigit kabel atau komponen yang terbuat dari plastik yang ada di dalam ruang mesin, tentu saja hal ini bisa berujung korsleting atau kerusakan lain.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa cara mencegah tikus tinggal atau bersarang di ruang mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paling mudahnya adalah dengan sering menggunakan mobil, atau paling tidak sering dipanaskan.

“Kalau kendaraan sering dipakai tentu saja ketika menyalakan mesin, tikus sudah kabur, jadi tidak bersarang,” ucap Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Upgrade Wajah Alphard Lawas Jadi Baru, Siapkan Rp 90 Juta

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.

Kedua, pemilik juga bisa rutin membersihkan ruang mesin. Bagian yang bersih tidak disukai oleh hewan seperti tikus. Bila tidak sempat, lakukan servis berkala secara rutin.

Terakhir, buatlah garasi mendapatkan sinar matahari yang cukup atau tidak terlalu gelap dan lembab.

Begitu juga tidak perlu menempatkan barang-barang yang tidak terpakai seperti kardus di garasi, karena bisa jadi tempat tikus bersarang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.