PPKM Diperpanjang, Ini Titik Penyekatan di Kabupaten Banyumas

Kompas.com - 26/07/2021, 17:32 WIB
Polisi mengamankan satu unit mobil yang dijadikan travel gelap saat operasi penyekatan pemudik di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (4/5/2021). KOMPAS.COM/DOK POLRESTA BANYUMASPolisi mengamankan satu unit mobil yang dijadikan travel gelap saat operasi penyekatan pemudik di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (4/5/2021).

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah resmi mengumumkan untuk melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang berakhir hari ini, Minggu (25/7/2021). Perpanjangan dilakuan terhitung sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Aturan Operasional Transportasi Umum

Kasatgas 7 PPKM (Humas) Polresta Banyumas AKP Manggala Agung mengatakan, penyekatan jalan akan dikurangi dari 24 menjadi 14 titik.

"Kami akan membuat simulasi penyekatan di 14 titik yang terbagi menjadi tiga ring," kata Manggala dilansir dari Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Petugas berjaga di titik penyekatan yang merupakan salah satu pintu masuk ke wilayah Kota Blitar, Sabtu (24/7/2021)Dok. Polres Blitar Kota Petugas berjaga di titik penyekatan yang merupakan salah satu pintu masuk ke wilayah Kota Blitar, Sabtu (24/7/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tindakan tersebut diambil berdasarkan evaluasi dari penyekatan yang telah berlalu. Titik penyekatan yang masih dioperasikan yakni titik untuk membatasai akses warga ke kota. Karena mobilaitas di titik tersebut dinilai masih lebih tinggi daripada yang lain.

Baca juga: Berburu Toyota Rush Bekas dengan Dana Rp 100 Jutaan

Berikut 14 titik penyekatan yang dilakukan di Banyumas, Jawa Tengah:

Ring 1 (dalam kota Purwokerto), ditutup 24 jam
1. Simpang Palma
2. Simpang Pasar Wage
3. Simpang KPKN
4. Simpang Omnia
5. Simpang GOR/ Meotel
6. Simpang Lapangan Glempang
7. Jalan merdeka
8. Simpang Ace Hardware

Ring 2 ( jalur masuk Purwokerto), ditutup pukul 06.00-20.00 WIB
1. Simpang Kalibogor
2. Simpang Tanjung
3. Simpang Taman Rekreasi Andhang Pangeran (TRAP)
4. Simpang air mancur Berkoh

Ring 3 (perbatasan Kabupaten Banyumas), dijaga tim gabungan selama 24 jam
1. Ajibarang
2. Tambak

Pemudik terjaring penyekatan di posko Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (10/2011).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Pemudik terjaring penyekatan di posko Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (10/2011).

Meski titik penyekatan dikurangi, Manggala meminta masyarakat diminta tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Baca juga: Jangan Rem Mendadak Bila Ketemu Lubang di Jalan

"Dengan kebijakan diharapkan masyarakat dapat tertib dan tidak melalukan aktifitas yang tidak diperbolehkan, yaitu diuar sektor esensial dan kritikal," ujar Manggala.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.