Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Laten di Jalan Ada Ceceran Oli

Kompas.com - 26/07/2021, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa tumpahnya cairan minyak seperti oli mesin atau solar di aspal bisa ditemui pengguna sepeda motor di jalan raya.

Baru-baru ini sebuah video yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia memperlihatkan tumpahan cairan yang diduga oli mesin terjadi di Desa Ngablak, Jalan Kopeng, Kota Magelang, Minggu (25/7/2021)

Akibat kejadian tersebut, beberapa pengendara motor pun terjatuh lantaran jalan licin dipenuhi oleh oli.

“Khususnya para pengusaha yang menggunakan transportasi atau armada berpenumpang atau bermuatan barang mohon untuk armada selalu dicek secara rutin mengenai kondisi kendaraan Anda. Apabila armada tersebut tidak layak jalan, mohon untuk diperbaiki dengan benar jangan sampai oli mesin tumpah ke aspal lalu melukai atau membuat celaka pengguna jalan lainnya,” tulis keterangan unggahan tersebut.

Baca juga: Yayasan AHM Salurkan Bantuan untuk Nakes

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi seperti itu memang sulit untuk ditebak. Namun perlu diketauhi adanya potensi bahaya berkendara di atas permukaan yang licin.

Menurut Agus Sani, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Pertama pandangan selalu lihat jauh ke depan agar kita bisa memprediksi bahaya yang akan terjadi, dan bisa segera mengambil keputusan yang tepat untuk keamanan berkendara kita,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/7/2021)

Kemudian, Agus melanjutkan, pengemudi untuk tetap tenang dan jangan panik jika melewati jalan licin sehingga kita dapat mengoperasikan kendaraan dengan baik.

“Terakhir, jangan tiba-tiba menarik rem depan secara kuat, karena akan menyebabkan ban depan tergelincir. Jadi, usahakan gunakan kedua rem namun porsi rem belakang lebih kuat,” ucap Agus.

Baca juga: Jangan Lepas Aki Mobil Sembarangan, Bisa Bikin Sistem Elektronik Eror

Pengendara harus tetap mempertahankan keseimbangan saat melewati cairan tersebut. Jangan lakukan gerakan reaktif dan kurangi laju kendaraan dengan menutup putaran gas secara perlahan-lahan.

Agus menyarankan, sebaiknya pengendara selalu memperhatikan kondisi sekililing dan berkonsentrasi dengan apa yang ada di depannya.

“Karena kalau melihat cairan oli atau solar pencegahan paling utama adalah dengan menghindarinya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com