Jangan Lepas Aki Mobil Sembarangan, Bisa Bikin Sistem Elektronik Eror

Kompas.com - 25/07/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil personal.neacelukens.comIlustrasi perawatan aki pada mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti aki memang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan sendiri di rumah, namun tidak boleh sembarangan.

Sebab, jika asal melakukan pergantian aki, sistem elektronik yang ada di mobil menjadi eror. Apalagi dengan kemajuan teknologi, sistem elektronik yang ada di mobil semakin canggih.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, melepas aki minimal akan membuat eror audio dan jam.

“Semakin canggih teknologi mesin atau mobil, berpotensi banyak yang eror. Kalau mobil konvensional, minimal yang eror adalah memori audio dan jam, jadi harus disetel kembali,” ucap Suparna saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Makin Gila, Balap Liar Motor Berani di Jalan Sudirman

Bahkan pada model tertentu, menurut Suparna, audio bisa terkunci tidak bisa digunakan. Selain itu, pada beberapa mobil ada sistem power window yang terganggu, putaran mesin tidak stasioner dengan baik, bahkan pintu geser juga bisa eror.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

“Power window punya modul tersendiri, kalau tidak ada aliran listrik dari aki bisa eror. Biasanya terjadi pada pintu sliding dan kaca yang semuanya sudah otomatis. Jadi perlu disetel ulang kalau asal cabut aki dari mobil,” kata dia.

Sedangkan untuk putaran mesin yang tidak stabil, Suparna menjelaskan terjadi eror pada ECU mobil tersebut. Biasanya terjadi pada mobil yang gasnya tidak menggunakan kabel baja, sudah throttle by wire.

Baca juga: All New Yamaha R15 Tertangkap Kamera Saat Uji Jalan

Suparna menyarankan, jika tidak bisa mengganti aki sendiri sebaiknya dilakukan di bengkel. Pasalnya ketika aki dicabut, akan disambukan ke power supply lain, jadi komponen elektronik tidak sempat kehilangan power dan memory.

“Jadi kalau di bengkel, dipasang sejenis accu atau power bank saat lepas pasang aki mobil. Selesai memasang aki yang baru, power bank kemudian diangkat,” ucapnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.