Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2021, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu produsen sasis bus yang cukup terkenal di Indonesia adalah Mercedes Benz (Mercy). Sasis bus Mercy di Indonesia sudah hadir sejak tahun 1950-an dan digunakan oleh berbagai Perusahaan Otobus.

Saat ini, ada beberapa produk sasis bus Mercy yang hadir di Indonesia. Misalnya ada OF 917 (medium bus), OH 1526, OF 1623, OH 1626, O 500 RS 1836 dan OC 500 RF 2542.

Selain itu, kode sasis ini juga biasa dibuat stiker dan ditempel di bagian kaca bus. Sehingga penumpang jadi mengetahui, sasis bus Mercy apa yang sedang dinaiki.

Baca juga: Razia di Terminal Bayangan Terboyo Semarang, 6 Bus Diamankan

Bus AKAP baru PO ANSDOK. MORODADI PRIMA Bus AKAP baru PO ANS

Jika diperhatikan, di balik huruf dan angka yang ada pada jenis sasis tersebut, ternyata ada artinya. Misalnya menunjukkan posisi mesin, Gross Vehicle Weight (GVW) bahkan sampai tenaga dari mesinnya.

Pertama untuk huruf yang ada di bagian depan kode sasis. OF merupakan singkatan dari Omnibus Frontmotor, bahasa Jerman yang punya arti sasis bus mesin depan.

Begitu juga dengan Omnibus Heckeinbau (OH) yang artinya sasis bus dengan mesin di belakang.

Sedangkan O merupakan singkatan dari Omnibus yang artinya bus. Begitu juga dengan OC yang artinya juga sasis bus.

Kemudian soal singkatan RF dan RS mempunyai arti Raised Floor, atau dek yang tinggi.

Baca juga: Ini Tarif Bus AKAP Pandawa 87 yang Beroperasi Mulai 25 Juli 2021

Selanjutnya soal dua angka pertama yang ada di depan, misalnya OH 1526, berarti angka 15 menunjukkan GVW atau berat total ketika sasis sudah dipasang dengan bodi bus berikut juga isinya.

Sedangkan dua angka terakhir, misalnya 26 dari OH 1526 menunjukkan berapa besaran tenaga yang dikeluarkan dari mesin. Jadi sasis OH 1526 mempunyai mesin dengan tenaga maksimal 260 TK.

Sehingga, sebuah sasis OF 917 punya arti sasis bus depan dengan GVW 9 ton yang mempunyai tenaga 170 TK. Begitu juga dengan OH 1626 yang memiliki arti sasis bus mesin belakang dengan GVW 16 ton dan tenaga 260 TK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com