Ini 6 Daerah yang Masih Berikan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan

Kompas.com - 23/07/2021, 15:12 WIB
Potret Samsat Denpasar, cek pajak kendaraan termasuk cek pajak motor dan cek pajak mobil Potret Samsat Denpasar, cek pajak kendaraan termasuk cek pajak motor dan cek pajak mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia kembali memberikan relaksasi pajak kendaraan bermotor dengan memberlakukan pemutihan denda pajak.

Pemutihan di sini berarti penghapusan sanksi administratif berupa denda akibat keterlambatan membayar pajak. Tentu ini jadi kabar baik bagi para pemilik kendaraan yang lupa melunasi pajak kendaraannya.

Hingga hari Jumat (23/7/2021), tercatat masih ada 6 provinsi di Indonesia yang memberlakukan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Selengkapnya berikut daftarnya.

1. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Provinsi DIY memberlakukan relaksasi pajak kendaraan untuk beberapa item pembayarannya. Relaksasi pajak kendaraan ini berlaku hingga 31 Desember 2021.

Dilansir dari akun instagram resmi milik Samsat Yogyakarta di @samsatjogjakarta, terdapat pembebasan denda pajak kendaraan tahunan, denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta denda SWDKLLJ tahun yang terlewat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Samsat Kota Yogyakarta (@samsatjogjakarta)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Jawa Tengah
Berikutnya adalah Provinsi Jawa Tengah. Menilik akun instagram resmi Bapenda Jawa Tengah di @bapenda_jateng, program pemutihan denda pajak kendaraan berlaku sejak 6 Mei 2021 silam hingga 6 September 2021.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BAPENDA_JATENG (@bapenda_jateng)

3. Lampung
Pemerintah Provinsi Lampung juga memberlakukan masa pemutihan denda pajak kendaraan mulai 1 April sampai 30 September 2021. Selain pemutihan denda pajak tahunan, ada pula pembebasan Bea Balik Nama.

Masyarakat Lampung bisa menghubungi pusat informasi pada laman www.pemutihanlampung.com atau kontak Whatsapp Bapenda Lampung di 0852-6788-4488.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemerintah Provinsi Lampung (@pemprov.lampung)

4. Bali
Selanjutnya adalah Pemerintah Provinsi Bali. Terdapat tiga program diskon pajak dan penghapusan denda pajak kendaraan. Tiga program tersebut dilaksanakan dalam rentang waktu yang berbeda.

Yang pertama adalah diskon pajak kendaraan yang berlaku mulai 8 Juni sampai 3 September 2021. Diskon pajak diberikan kepada wajib pajak yang menunggak pajak lebih dari dua tahun. Wajib pajak cukup membayar pajak dua tahun saja, sedangkan pajak tahun ketiga dan seterusnya dibebaskan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.