Kompas.com - 11/07/2021, 09:41 WIB
Ilustrasi sokbreker mobil www.kwikkarrichardson.comIlustrasi sokbreker mobil

SOLO, KOMPAS.com - Kaki-kaki menjadi bagian yang penting pada sebuah mobil. Sebab bagian ini berfungsi meredam segala guncangan yang diterima saat mobil sedang berjalan. Dengan kata lain, kaki-kaki mobil jadi penunjang kenyamanan dalam berkendara.

Apabila kaki-kaki mobil tidak pernah diservis, risikonya adalah kerusakan pada komponen-komponen lain yang berhubungan.

Ambil contoh kerusakan pada shockbreaker. Jika tidak segera diservis maka akan berpengaruh pada usia bearingbushing arm, hingga ban mobil.

Untuk biaya servis kaki-kaki mobil sendiri memiliki kisaran angka yang beragam. Besaran biaya yang dibutuhkan tergantung model mobil serta keluhannya.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Mengekor Ambulans di Jalan

Pendi Nugroho, pemilik Bengkel Three S Motor Solo mengatakan, mobil pabrikan Eropa seperti Mercedes-Benz dan Peugeot membutuhkan biaya servis yang lebih tinggi dibanding mobil buatan Jepang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi suspensi mobillowvolumevehicle.co.nz Ilustrasi suspensi mobil

Selain dipengaruhi oleh harga sparepart-nya yang lebih mahal, proses bongkar pasang kaki-kaki mobil pabrikan Eropa lebih rumit dibandingkan mobil Jepang.

Namun Pendi mengakui umumnya mobil-mobil yang diservis di bengkelnya merupakan mobil buatan Jepang. Ia pun menjelaskan lebih detail mengenai kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis kaki-kaki mobil Jepang.

Baca juga: Jangan Coba-coba Menyiram Rem yang Sedang Panas, Akibatnya Fatal

"Kalau cuma servis shockbreaker depan, kanan kiri kalau bocor semua ganti oli dan seal, perkiraan sekitar Rp 120.000. Tapi kalau komponen lain juga perlu diservis kira-kira total Rp 300.000 sampai Rp 400.000, dengan catatan kalau tidak parah," ungkap Pendi kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika ada komponen yang harus diganti, tentu dibutuhkan biaya tambahan sesuai harga komponen tersebut.

Pendi mencontohkan untuk bearing, akan ada tambahan biaya sekitar Rp 200.000, bisa lebih atau kurang tergantung jenis mobilnya.

Kaki-kaki mobilFoto: Peugeot Kaki-kaki mobil

Contoh lain, misalnya penggantian sepasang shockbreaker depan kanan dan kiri untuk Toyota Avanza akan dikenakan biaya sekitar Rp 1,2 jutaan.

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina dan Shell per Juli 2021

Membahas mengenai shockbreaker model per daun, Pendi menjelaskan bahwa jenis shockbreaker tersebut tidak bisa diservis.

Apabila rusak, solusi satu-satunya adalah harus diganti. Jika ingin berhemat, Pendi mengatakan harga bekas komponen tersebut sekitar Rp 125.000.

Jika hendak mengganti shockbreaker per daun dengan yang baru, harganya cukup beragam. Untuk Isuzu Panther misalnya, dibanderol dengan kisaran angka sekitar Rp 500.000. Untuk Toyota Avanza bisa lebih mahal, yakni sekitar Rp 850.000 bisa lebih atau kurang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X