Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Rekondisi Kaki-kaki Mobil Bekas

Kompas.com - 26/05/2021, 08:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ingin membeli mobil bekas, calon pembeli harus memastikan kendaraan dalam keadaan baik agar nyaman dipakai di jalan.

Salah satu komponen yang menunjang kenyamanan berkendara adalah kaki-kaki mobil yang sehat. Sebab, bagian ini berfungsi untuk meredam segala guncangan mobil saat diperjalanan.

Kaki-kaki mobil yang rusak akan berimbas pada komponen lainnya jika tidak segera diperbaiki. Misal, shockbreaker yang mati, kalau tidak diganti akan berpengaruh pada usia bearing, bushing arm, hingga ban.

Baca juga: Kenali Penyebab Retak pada Ban Mobil

Jika kondisi ini sudah terjadi konsumen harus membayar lebih mahal, karena menunda jadwal penggantian salah satu komponen. Sejumlah spare part pun harus diganti sekaligus karena usia pemakaian yang lebih cepat.

Imam Choiri alias Apre pemilik bengkel AP Speed di Bekasi mengataakn, sebaiknya konsumen mengganti shockbreaker mobil bekas yang baru dibeli. Terutama jika usia mobil yang diincar sudah lebih dari lima tahun.

“Tanda-tanda paling awal muncul bunyi-bunyi saat lewat polisi tidur, atau suara 'jedug' seperti mentok, itu merupakan tanda shockbreaker mobil,” ujar Apre saat dihubungi Kompas.com pekan lalu.

Kaki-kaki Isuzu Panther ModifikasiGridOto.com Kaki-kaki Isuzu Panther Modifikasi

“Akan terasa penurunan perfoma saat kecepatan tinggi, seperti limbung dan mantul-mantul, jadi lebih baik diganti. Biasanya karena sering membawa beban berat dan melewati jalan rusak,” lanjut Apre.

Keausan ban yang tidak merata juga bisa jadi pertanda kerusakan shockbreaker. Misalnya hanya tapak ban bagian luar yang habis, sementara tapak ban bagian dalam masih tersisa.

Baca juga: Bagian Mesin Mobil Tidak Perlu Disiram Air Saat Cuci Mobil

“Kalau setelah diganti masih ada masalah, artinya sudah merambat ke komponen lain. Bisa jadi bearing dan bushing arm minta diganti juga. Sekalian cek juga tie rod dan long tie rod,” ucap Apre.

Menyoal harga Apre mengatakan, penggantian satu set shockbreaker untuk MPV berkisar Rp 2 jutaan sampai Rp 3 jutaan. Sedangkan untuk SUV biasanya lebih mahal, sekitar Rp 3 jutaan sampai Rp 4 jutaan. Sementara untuk harga bearing dan bushing arm berkisar Rp 500.000-an sampai Rp 1 jutaan.

“Sama ongkos pasangnya siapkan saja dana sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7 jutaan untuk merekondisi bagian kaki-kaki mobil bekas,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com