Jangan Sembarangan, Ini Etika Berhenti dan Parkir di Bahu Jalan

Kompas.com - 10/07/2021, 17:22 WIB
Salah seorang anggota tim sisir tol Polres Pekalongan Jawa Tengah memgingatkan pemudik agar tidak berhenti di bahu jalan. Kompas.com/Ari HimawanSalah seorang anggota tim sisir tol Polres Pekalongan Jawa Tengah memgingatkan pemudik agar tidak berhenti di bahu jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berhenti di bahu jalan sering kali dilakukan oleh beberapa pengguna jalan baik roda empat maupun roda dua. Ada beberapa hal yang membuat pengendara harus berhenti, yakni menunggu teman atau sekadar menerima panggilan telepon.

Berhenti di pinggir jalan tidak boleh asal, ada etika yang harus diperhatikan. Bukan hanya berhenti namun parkir di bahu jalan juga ada aturannya.

Tentunya, hal ini berkaitan dengan keselamatan diri sendiri dan juga pengguna jalan lain.

Baca juga: Penyekatan Bakal Lebih Ketat, Ini Syarat Perjalanan Mulai Senin

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, berhenti di bahu jalan sebenarnya bisa dilakukan asal dengan aturan aturan tertentu.

Kendaraan parkir di bahu Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, padahal terdapat rambu dilarang parkir di sepanjang kawasan tersebut, Rabu (25/9/2013)Zico Nurrashid Kendaraan parkir di bahu Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, padahal terdapat rambu dilarang parkir di sepanjang kawasan tersebut, Rabu (25/9/2013)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau memang tidak ada larangan berhenti atau parkir dan atau rambu perintah parkir silahkan saja," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Begini Cara Mudah Rawat Radiator Mobil

Sebelum berhenti di bahu jalan, yang perlu diperhatikan, yakni harus melihat rambu terlebih dahulu. Pastikan tidak ada rambu larangan berhenti di lokasi tersebut.

Selain memperhatikan aturan, etika yang perlu diperhatikan carilah tempat berhenti di bahu jalan yang tidak menyebabkan kemacetan.

Tidak disarankan juga untuk berhenti di tikungan, karena mengganggu pengendara lain yang akan berbelok.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Marcell juga menambahkan, ketika mau berhenti pastikan belakang kita aman. Walaupun memang tidak ada larangan parkir atau berhenti, tetap diperhatikan juga bagaimana parkirnya.

Baca juga: LiveWire One Meluncur, Harga Lebih Murah dari Harley

Ketika akan parkir di bahu jalan, yang pertama pastikan tidak ada rambu dilarang parkir di wilayah tersebut. Parkir disarankan untuk perkir secara berbaris atau paralel dan satu baris saja, tidak diperkenankan untuk parkir berjajar atau seri agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Apabila parkiran yang tersedia hanya parkir seri, pastikan juga parkir sesuai dengan tempat yang sudah disediakan untuk parkir. Jangan parkir di tempat yang bukan seharusnya sehingga menggaggu pengguna jalan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.