Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Usia Pakai Bearing Roda Mobil?

Kompas.com - 21/05/2021, 18:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kaki-kaki mobil jadi salah satu bagian penting pada sebuah mobil. Sebab, berbagai komponen pada kaki-kaki mobil menjaga pergerakan mobil tetap stabil dan nyaman untuk dikendalikan.

Jika salah satu komponen pada kaki-kaki mobil rusak, kemungkinan besar akan berdampak pula pada berkurangnya usia pakai komponen lainnya.

Contohnya adalah bearing atau laher pada roda. Jika ban mengeluarkan bunyi seperti berdengung keras saat berjalan, ada kemungkinan bearing roda telah aus.

Baca juga: Kebiasaan Pengendara Skutik yang Bikin CVT dan V-Belt Cepat Rusak

Cara mendeteksinya adalah dengan mendongkrak ban yang berdengung hingga posisinya menggantung. Jika ban mudah digoyangkan dan terasa oblak, maka itu pertanda bahwa bearing harus segera diganti.

Lantas sebenarnya berapa lama masa pakai bearing roda? Kapan sebaiknya mengganti bearing tersebut?

Pendi Nugroho selaku pemilik Bengkel Three S Motor Solo mengatakan, usia pakai bearing sangat tergantung pada perilaku pengemudi dan medan jalan yang biasa dilalui.

bearing pada ban depan mobilAzwar Ferdian/Kompas.com bearing pada ban depan mobil

"Kalau pemakaian santai di jalan dalam kota, 2-3 tahun masih awet. Tapi kalau sering dibawa offroad, jalan rusak langsung dilibas kencang, bisa jadi tidak sampai 1 tahun sudah rusak," kata Pendi kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Mobil Kecelakaan karena Ponsel Meledak, Ini Bahaya Ngecas HP di Mobil

Cara pemasangan bearing yang sembarangan pun bisa memperpendek usia pakainya. Misalnya dengan cara digetok atau dipukul, bukan di-press, ini bisa membuat bearing juga cepat aus.

Sangat disarankan untuk menggunakan bearing produksi pabrikan mobil terkait (genuine part). Meski harganya relatif mahal, namun lebih tahan lama dibandingkan dengan yang imitasi atau kw.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com