Begini Cara Jitu Mengecek Keaslian RX-King Special Edition

Kompas.com - 07/07/2021, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - RX-King Special Edition (SE) punya nilai jual yang fantastis. Pada 2020 motor ini berhasil terjual Rp 150 juta, dan saat ini ada yang buka harga lebih tinggi lagi.

Ahmad Arif pedagang RX-King bekas dari Jakarta Utara mengatakan, sebenarnya RX-King standar bisa saja diubah RX-King SE. Tapi harganya tidak akan setinggi RX-King SE yang asli.

Arif mengatakan, untuk menghindari penipuan RX-King SE palsu ada trik sederhana yang bisa dilakukan. Keaslian motor bisa dicek melalui aplikasi Yamaha Parts Catalogue.

Baca juga: Harga Moge Bekas Kawasaki Ninja 650, Beda Tipis dengan Ninja ZX-25R

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

"Untuk RX-King dari tahun 2002 ke atas, kalau nomor rangkanya kita masukkan di aplikasi Yamaha Parts Catalogue, nanti akan keluar motor itu seperti apa aslinya," ujar Arif, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store atau di App Store. Pada aplikasi tersebut akan keluar gambar motornya sesuai dengan warnanya. Jadi konsumen tidak akan bisa terkecoh.

"Jika nomor rangkanya yang dimasukkan di aplikasi keluar gambar RX-King dengan warna merah, berarti motor tersebut memang aslinya warna merah," kata Arif.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Perbandingan Mesin Renault Kiger dengan Toyota Raize

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

Soal penampilan, RX-King SE berbeda dengan RX-King biasa. Untuk model edisi spesial ini banyak aksen gold atau emas di beberapa bagiannya.

Warna emas dapat ditemui di lis lampu depan dan lis speedometer. Serta stripping di tangki dan tutup boks samping. Pada side panel ini terdapat stiker bertuliskan "20th Anniversary."

"Selain itu, bagian footstep belakang RX-King SE ini paling beda sendiri dari RX-King lainnya. Dia menggunakan warna krom untuk pegangan footstep belakang," ujar Arif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.