Kompas.com - 07/07/2021, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesona Yamaha RX-King tak luntur tergerus zaman. Saat ini motor harga yang sempat tenar dengan julukan "motor jambret" tersebut justru terus meroket.

Tapi tak semuanya punya harga selangit sebab RX-King adalah motor produksi massal. Pada masanya motor ini bahkan bisa dikatakan motor sejuta umat.

Namun, ada beberapa tipe yang dicari dan punya nilai ekonomi tinggi. Salah satunya ialah RX-King 20th Anniversary atau Special Edition (SE) produksi 2003.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Update Titik Penyekatan di Jalan Tol Jasa Marga

RX-King Special Edition dibanderol puluhan juta rupiahIstimewa RX-King Special Edition dibanderol puluhan juta rupiah

Sesuai namanya, RX-King SE merupakan edisi spesial ulang tahun ke-20. RX-King pertama kali lahir pada 1983 dan setelah dua dekade Yamaha membuat edisi spesial.

Mengutip akun Instagram Bisaboy, RX-King model ini cuma diproduksi pada tahun 2003 pada bulan 9-11 atau September-November di masa akhir hayatnya. Alhasil, jumlahnya relatif terbatas.

Secara penampilan edisi spesial ini juga berbeda dengan RX-King biasa. Untuk RX-King SE mempunyai aksen emas di beberapa bagiannya.

Baca juga: Mobil Matik Parkir Lama, Posisi Transmisi Harusnya di N atau P?

Aksen emas dapat ditemui di lis lampu depan, lis speedometer model gendang. Serta stripping di tangki dan tutup boks samping yang terdapat stiker bertuliskan "20th Anniversary."

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

Ahmad Arif, penjual RX-King dari Jakarta Utara, mengatakan, ciri lain RX-King SE terletak pada bagian bawah belakang motor.

"Bagian footstep belakang RX-King SE ini paling beda sendiri dari RX-King lainnya. Dia menggunakan warna krom untuk pegangan footstep belakang," ujar Arif.

Sedangkan untuk mesinnya, tidak ada perbedaan dengan RX-King standar. Mesinnya tetap berkapasitas 132 cc, 2 langkah, berpendingin udara, dengan 5 percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.