Sopir Angkot Ugal-ugalan, Nekat Menyalip hingga Tabrak Mobil Lain

Kompas.com - 29/06/2021, 07:02 WIB
Angkot nyalip tabrak mobil instagram.com/dashcamindonesiaAngkot nyalip tabrak mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tayangan video yang merekam kecelakaan lalu lintas melibatkan angkot dan pengemudi mobil MPV viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh pemilik akun Instagram @dashcamindonesia, Senin (28/6/2021).

Dalam rekaman berdurasi 46 detik itu, terlihat mobil MPV yang sedang melintas menuju arah pacuan kuda, Pamulang, Tangerang Selatan.

Selang beberapa detik, dari arah berlawanan datang angkot dalam kecepatan tinggi lantaran sopir hendak menyalip sepeda motor yang ada di depannya.

Baca juga: Berburu Hatchback Tahun 90-an Harga di Bawah Rp 50 Juta

Namun, karena kurang perhitungan dan kondisi jalan yang cukup sempit, angkot berwarna putih itu pun tak mampu menghindar mobil MPV yang sedang melintas di depannya hingga akhirnya terjadi tabrakan.

Bahkan, insiden itu pun nyaris membahayakan pengemudi motor yang berada di belakang mobil MPV itu.

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, sopir angkot itu biasanya memiliki tiga tipe pengemudi. Pertama, arogan atau agresif, kemudian mengantuk, dan terakhir pemula. Meski demikian, tidak semuanya seperti itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Di video itu kita belum tahu masuk kategori yang mana, tapi ada pembelajaran yang bisa kita ambil. Sebagai pengemudi harus berhati-hati dengan jalan yang tidak bermarka. Sebab, banyak jalan yang tidak bermarka membuat pengemudi tak memiliki titik acuan terhadap batas jalan, sehingga tidak bisa membaca garis imajinernya,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Sony menambahkan, pengemudi juga sebaiknya harus memiliki sikap mengalah saat berada di jalan untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga: Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 Bertahan di Lima Besar Klasemen

“Di sini bukan cari menang atau kalah, utamakan keselamatan untuk menghindari kecelakaan, karena tidak ada kecelakaan yang menguntungkan,” kata dia.

Terakhir, Sony menyarankan pengemudi untuk selalu mempersiapkan tindakan antisipasi.

“Fokus dengan kondisi sekeliling, sehingga apabila ada hal-hal yang janggal dapat segera terbaca dan dihitung ke mana dan bagaimana cara menghindar yang aman,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.