Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Bodi Crumple Zone, Padahal Ini Fungsinya

Kompas.com - 28/06/2021, 18:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBodi mobil zaman sekarang kerap mengalami kerusakan yang terlihat berat saat mengalami kecelakaan. Biasanya hal ini terjadi pada mobil-mobil di segmen Low MPV ataupun yang lebih murah seperti LCGC.

Hal ini pula yang memunculkan anggapan bahwa bodi mobil murah mirip bahan kaleng yang gampang rusak ketika mengalami tabrakan.

Padahal rusaknya bodi mobil saat tabrakan merupakan fungsi crumple zone yang berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Bodi Monokok Buatan Adiputro Sudah Hadir Sejak 90-an

Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.THE DALLAS MORNING NEWS/LAWRENCE JENKINS via AP Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, ada bagian mobil yang dirancang untuk menyerap benturan pada saat terjadinya tabrakan.

“Bagian depan dan belakang mobil adalah bagian yang rawan benturan dan paling sering penyok,” ujar Didi, kepada kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, pada bagian tersebutlah sebetulnya sebuah bodi mobil dirancang dengan sistem keselamatan dari risiko fatal saat terjadinya benturan, atau yang biasa disebut dengan crumple zone.

Baca juga: Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

Baja pelindung berkekuatan tinggi siap menahan benturan samping.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Baja pelindung berkekuatan tinggi siap menahan benturan samping.

Singkatnya, bodi mobil yang rusak parah itu menyerap energi tabrakan sehingga tidak berimbas terlalu parah pada struktur dalam bodi.

Meski begitu, Didi juga mengingatkan, apabila kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi, maka fungsi crumple zone tidak akan cukup meredam kecelakaan.

“Sebab, jika kecepatan over, mau safety zone sekuat apapun pasti efeknya akan parah,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com