Salah Kaprah Bodi Crumple Zone, Padahal Ini Fungsinya

Kompas.com - 28/06/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta. Stanly/KompasOtomotifIlustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.comBodi mobil zaman sekarang kerap mengalami kerusakan yang terlihat berat saat mengalami kecelakaan. Biasanya hal ini terjadi pada mobil-mobil di segmen Low MPV ataupun yang lebih murah seperti LCGC.

Hal ini pula yang memunculkan anggapan bahwa bodi mobil murah mirip bahan kaleng yang gampang rusak ketika mengalami tabrakan.

Padahal rusaknya bodi mobil saat tabrakan merupakan fungsi crumple zone yang berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Bodi Monokok Buatan Adiputro Sudah Hadir Sejak 90-an

Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.THE DALLAS MORNING NEWS/LAWRENCE JENKINS via AP Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, ada bagian mobil yang dirancang untuk menyerap benturan pada saat terjadinya tabrakan.

“Bagian depan dan belakang mobil adalah bagian yang rawan benturan dan paling sering penyok,” ujar Didi, kepada kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, pada bagian tersebutlah sebetulnya sebuah bodi mobil dirancang dengan sistem keselamatan dari risiko fatal saat terjadinya benturan, atau yang biasa disebut dengan crumple zone.

Baca juga: Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

Baja pelindung berkekuatan tinggi siap menahan benturan samping.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Baja pelindung berkekuatan tinggi siap menahan benturan samping.

Singkatnya, bodi mobil yang rusak parah itu menyerap energi tabrakan sehingga tidak berimbas terlalu parah pada struktur dalam bodi.

Meski begitu, Didi juga mengingatkan, apabila kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi, maka fungsi crumple zone tidak akan cukup meredam kecelakaan.

“Sebab, jika kecepatan over, mau safety zone sekuat apapun pasti efeknya akan parah,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.