Hitung Biaya Kepemilikan Hyundai Kona Electric Sampai 5 Tahun

Kompas.com - 24/06/2021, 09:02 WIB
Hyundai Kona EV 2021 KOMPAS.com/DIO DANANJAYAHyundai Kona EV 2021

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika memiliki mobil adalah biaya kepemilikan atau ongkos yang harus ditanggung selama mengendarai kendaraan. Terlebih buat mobil listrik yang saat ini masih dianggap barang mewah.

Biaya konsumsi listrik Hyundai Kona EV 2021 mungkin cukup terjangkau, tapi bagaimana dengan biaya servis hingga pajaknya?

Kita awali dengan biaya servis, berdasarkan skema yang dikeluarkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Kona EV mendapatkan gratis servis (jasa dan suku cadang) sampai dengan 5 tahun atau 75.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).

Baca juga: Suzuki Jepang Siapkan Jimny Versi Murah buat Pasar Ekspor

Hyundai Kona EV 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV 2021

Dari manual book Kona EV, dapat diketahui jika konsumen dianjurkan melakukan servis pertama pada 1 bulan pertama atau 1.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).

Setelah itu, konsumen juga diharuskan kembali ke bengkel resmi setiap 15.000 km atau 1 tahun sekali (mana yang tercapai lebih dulu).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena tidak mengusung mesin bakar internal, pemeriksaan yang dilakukan saat servis terbilang sedikit.

Baca juga: Berhenti Dijual di Filipina, Bagaimana Nasib Mobilio di Indonesia?

Hyundai Kona EV 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV 2021

Secara umum, setiap servis berkala mekanik bakal memeriksa dan mengisi ulang atau mengganti komponen yang telah habis masa pakainya.

Untuk sistem pendinginan, komponen yang dicek seperti ketinggian air radiator, refrigerant AC, kompresor AC, hingga saringan udara.

Kemudian kondisi baterai, jalur rem, selang serta koneksi kelistrikan. Termasuk juga minyak rem, kampas rem, tekanan angin, ball joints suspensi depan, baut dan mur pada sasis mobil.

Baca juga: Rosalia Indah, PO Bus dengan Kelas Armada Terbanyak

Hyundai Kona Electric 2021. SUV elektrik ini menawarkan pembaruan dibanding model sebelumnya.Kompas.com/Setyo Adi Hyundai Kona Electric 2021. SUV elektrik ini menawarkan pembaruan dibanding model sebelumnya.

Adapun jumlah pajak yang harus dibayarkan per tahun sekitar Rp 3.441.800, yang terbilang cukup setara dengan mobil bermesin konvensional.

Praktis untuk pemakaian selama 5 tahun, konsumen hanya diharuskan membayar pajak saja yang memakan biaya hingga Rp 17.209.000.

Berikut ini jumlah pajak berdasarkan STNK Hyundai Kona EV 2021 (alamat Jakarta):

PKB: Rp 2.998.800
SWDKLLJ: Rp 143.000
Biaya ADM STNK: Rp 200.000
Biaya ADM TNKB: Rp 100.000
Jumlah: Rp 3.441.800

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.