Nasib Honda Jazz di Pasar Mobil Bekas Kini, Semakin Dicari

Kompas.com - 23/06/2021, 10:22 WIB
Honda Jazz facelift di India punya sunroof https://www.hondacarindia.com/Honda Jazz facelift di India punya sunroof

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk menghentikan aktivitas produksi dan penjualan Honda Jazz di Tanah Air sejak Februari 2021 lalu ternyata membuat fenomena menarik.

Pasalnya, saat ini di pasar mobil bekas, kendaraan kompak tanpa buntut tersebut tengah diburu oleh konsumen. Bahkan pada tahun produksi tertentu, penyerapannya sangat cepat.

Demikian dikatakan Chief Operating Officer Mobil88, Sutadi, saat dihubungi Kompas.com guna membicarakan pasar mobil bekas terkini, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Insentif PPnBM Diperpanjang, Waktu yang Tepat Berburu Mobil Bekas

Honda Jazz di GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Honda Jazz di GIIAS 2018

"Pasar di Indonesia itu unik dan menarik. Sebab, saat produknya sudah tidak diproduksi lagi malah dicari-cari. Itu Jazz sangat laris sekarang," ucapnya.

Hanya saja memang ketersediaan unit Jazz di diler mobil bekas cukup terbatas. Tak sebanyak mobil keluarga 7-penumpang maupun low cost green car (LCGC).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga dikatakan Joni Gunawan, salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua dalam kesempatan terpisah. Kondisi ini lantas membuat harga jual Jazz menjadi stabil.

“Kisaran harga Honda Jazz tahun 2016 itu sekarang Rp 188 jutaan, naik hanya Rp 2 juta sampai Rp 5 juta dari harga sebelumnya,” kata dia.

Baca juga: Tips Anti Mundur Pakai Mobil Transmisi Manual Saat Macet di Tanjakan

New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).Istimewa New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).

Andi dari diler mobil bekas Jordy Motor MGK Kemayoran turut mengatakan hal serupa. Menurutnya permintaan mobil untuk Honda Jazz masih cukup stabil.

“Masih banyak peminatnya, harganya juga stabil. Kecuali untuk mobil hatchback selain Jepang seperti Ford Fiesta harganya turun banyak,” kata Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.