Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama 1.200 cc, Apa Bedanya Mesin Rocky dan Sigra

Kompas.com - 23/06/2021, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), akhirnya resmi memasarkan Rocky varian mesin konvensional dengan kapasitas 1.200 cc.

Meski secara kubikasinya sama dengan Sigra, tapi bila dibedah lebih detail, dapur pacu Rocky sangat berbeda dari yang digunakan pada mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

Seperti diketahui, mesin berkubikasi 1.200 cc yang digunakan Rocky merupakan hasil pengembangan terbaru Daihatsu.

Bahkan, Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Rocky dengan mesin tersebut, sama seperti halnya pada Toyota Raize.

Baca juga: Daihatsu Jawab Nada Sumbang Soal Kontroversi Mesin 3-Silinder Rocky

Astra Daihatsu SigraADM Astra Daihatsu Sigra

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head ADM mengatakan, perbedaan signifikan dari mesin Rocky dan Sigra bisa dilihat mulai dari kodenya.

"Sigra NR-engine, kala Rocky ini baru dengan kode WA-VE. Lalu paling signifikan lagi dari silinder, Sigra itu 1.200 cc empat silinder, kalau Rocky 1.200 cc 3 silinder," ucap Anjar kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021) lalu.

Tak hanya itu, Anjar juga menjelaskan meski mesin Rocky mengusung tiga silinder, tapi soal performa jauh lebih bertenaga dari Sigra.

Berdasarkan data di atas kertas, mesin 1.200 cc Sigra mampu mengeluarkan tenaga 88 ps dan torsi sebesar 108 Nm. Sementara Rocky 1.2L, tenaganya mencapai 113 tk.

Baca juga: Cuma di Bali, DFSK Super Cab Naik Kelas Pakai Audio Android

Daihatsu Rocky 1.2LDok. ADM Daihatsu Rocky 1.2L

 

Soal keiritan bahan bakar, Anjar menjelaskan mesin 3 silinder baru yang digunakan Rocky dari hasil pengujian internal sangat irit.

"Torsi, power, dan efisiensi bahan bakar lebih baik (dari Sigra). Tes interal di jalan umum seperti tol dan perkotaan serta kombinasi dalam dan luar kota dengan berkendara normal itu sebesar 18-19 kpl," ucap Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com