Tips Anti Mundur Pakai Mobil Transmisi Manual Saat Macet di Tanjakan

Kompas.com - 22/06/2021, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengemudi mobil yang kewalahan saat terjebak macet di tanjakan curam. Apalagi, jika mobil kemudian tidak kuat menjanjak saat harus berjalan.

Menghadapi situasi seperti ini, khusus pengemudi mobil manual, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan ada delapan hal yang bisa dilakukan pengemudi.

Baca juga: Salah Satu Fitur Penting yang Kerap Rusak pada Truk dan Bus

1. Injak rem dalam-dalam bersamaan dengan mengaktifkan rem parkir.
2. Matikan mesin, sementara kaki masih menginjak pedal rem untuk berjaga-jaga.
3. Segera masukan transmisi ke gigi mundur (masih dalam kondisi mesin mati).
4. Pastikan situasi belakang aman dari orang maupun kendaraan lain.
5. Bersiap untuk mundur ke belakang.
6. Lepas injakan rem beserta tuas rem parkir.
7. Segera starter mesin tanpa menginjak pedal kopling. Mesin mobil akan hidup akibat besaran momentum yang diperoleh dari elevasi jalan.
“Ingat, kaki kanan jangan di atas pegal gas. Namun harus disiagakan di rem manakala kecepatan dianggap tinggi,” kata Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.
8. Arahkan mobil ke titik aman yang dikehendaki untuk memulai gerakan menanjak kembali.

Tikungan tajam dan menanjak 45 derajat di Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci.Donny Apriliananda Tikungan tajam dan menanjak 45 derajat di Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci.

Jusri menambahkan, saat tidak kuat lagi menanjak, mobil harus dimundurkan sedikit untuk mendapatkan kembali momentum dari awal. Namun, Jusri meminta pengemudi tidak menginjak kopling. Sebab, tindakan ini malah bisa membuat mobil meluncur mundur.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Ban Jenis Run Flat Tires

“Dalam kondisi darurat, ketika mobil sudah ditanjakan dan sudah dipastikan tidak mampu menanjak dari titik tersebut. Maka langkah terbaik adalah mundur dan mengulang dari bawah agar mendapatkan momentum,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.