Kompas.com - 20/06/2021, 09:01 WIB
dongkrak mobil Kompas.com/Fathan Radityasanidongkrak mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pengendara roda empat tentu pernah mengalami kerusakan atau kebocoran ban yang harus menggunakan dongkrak untuk mengangkat mobil.

Biasanya dongkrak sudah disediakan oleh pabrikan mobil sebagai peralatan tambahan. Dongkrak yang tersedia di mobil merupakan dongkrak portabel yang berukuran lebih kecil seihngga dapat dibawa kemana saja.

Baca juga: Sekarang Bikin SIM A Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Pada saat melakukan dongkrak mobil, usahakan memilih tumpuan yang tepat agar tidak terjadi kerusakan pada mobil akibat dongkrak yang meleset.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, peletakkan titik dongkrak mobil biasanya ada empat, yakni dua titik pertama terletak pada bagian sasis di belakang roda depan. Sementara dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang

Dongkrak MobilFoto: Peugeot Dongkrak Mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Titik-titik yang sudah ditentukan adalah titik yang kuat dalam mendongkrak mobil. Biasanya ada gambar keterangan pada dongkrak dan buku pedoman pemilik,” kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika titik dongkrak tidak pada posisi yang pas maka akan mengakibatkan sasis bodi dan bodi mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja membuat pengemudi mengalami kerugian, karena perbaikan bodi dan sasis mobil juga tidak murah.

Baca juga: Baru Rilis, Ini Harga Daihatsu Rocky 1.2 di Yogyakarta

Pemasangan titik dongkrak yang tidak pas juga akan membuat mobil kehilangan keseimbangan dan bisa saja mobil terjatuh. Jika ada orang yang berada di bawah saat memasang dngkrak, hal ini tentu saja akan membahayakan.

Dongkrak mobilFoto: Peugeot Dongkrak mobil

“Perhatikan juga dalam saat mendongkrak mobil, usahakan di tempat yang keras dan datar. Ban juga diganjal untuk bantu rem tangan agar mobil tidak bergerak,” ucap Didi.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Suzuki Katana Mulai Rp 3 Jutaan

Dengan tumpuan yang datar dan kuat otomatis dongkrak juga tidak akan meleset karena tidak seimbang. Selain itu ada juga tindakan preventif lainnya untuk mencegah bahaya ketika dongkrak meleset.

Caranya yakni dengan menempatkan ban serep di bawah mobil, sehingga jika dongkrak gagal, bodi akan tertahan oleh ban serep, sehingga tidak jatuh ke tanah atau aspal yang membuat kerusakan komponen mobil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X