Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mengganti Ban Baru pada Mobil Minimal Harus Sepasang?

Kompas.com - 17/06/2021, 09:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen penting dari mobil yang menopang beban dari mobil dan berpengaruh terhadap handling mobil. Kondisi ban yang bagus juga merupakan salah satu antisipasi kecelakaan saat berkendara.

Seiring berjalannya waktu, ban lama-kelamaan akan aus karena sering bergesekan dengan permukaan aspal. Kondisi ban yang aus dan melewati batas Tread Wear Indication (TWI) sebaiknya diganti dengan yang baru.

Baca juga: Momen Chef Juna Ditampar Saat Pelantikan Klub Motor, Banyak yang Salah Kaprah

Banyak yang beranggapan bahwa pada saat membeli dan mengganti ban mobil dalam kondisi baru, sebaiknya beli minimal satu pasang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga handling kendaraan agar tetap bagus.

Ilustrasi ban mobilDok. Shutterstock Ilustrasi ban mobil

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, pembelian ban baru tidak harus minimal satu pasang, semuanya tergantung dari kondisi ban. Namun jika kondisi ban banyak yang sudah tidak layak, lebih baik menggantinya minimal sepasang agar seimbang.

Baca juga: Ancaman Pabrikan Otomotif Imbas Perpanjangan Insentif PPnBM

"Nggak masalah kalau mau beli ban satu juga, kalau memang perlunya satu. Yang tiga lagi kondisinya masih bagus misalnya," kata Zulpata kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Zulpata juga menjelaskan, kalau memang belum ada dana yang cukup untuk membeli ban dan juga kondisi ban yang perlu diganti cuma satu, beli satu ban juga tidak masalah. Asalkan pemasangan ban baru tetap di bagian belakang.

Ban mobil GetasKompas.com/Fathan Radityasani Ban mobil Getas

"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.

Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.

Peran ban belakang sangat besar untuk berkendara, jadi ketika ingin mengganti ban, lebih baik ban belakang yang diganti pertama. Untuk penggerak roda depan maupun belakang tetap sama.

Baca juga: Cara Aman Melewati Turunan Pakai Skutik

“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,” ujar Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com