Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bogor Kembali Memberlakukan Ganjil Genap Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 17/06/2021, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Bogor akan kembali memberlakukan pembatasan kendaraan bermotor pribadi melalui sitem ganjil genap (gage) pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (19-29/5/2021).

Putusan tersebut diambil guna menekan mobilitas masyarakat baik di dalam maupun luar Kota, lantaran kasus penyebaran virus corona atau Covid-19 kembali naik.

Dijelaskan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, gage diberlakukan mulai pukul 10.00 -16.00 WIB. Mengenai ketentuannya, sama dengan ganjil genap sebelumnya.

Baca juga: Pengendara Motor Jatuh dan Nyaris Terlindas Mobil, Hindari Rem Mendadak

Arus lalu lintas di Jalan Raya Pajajaran arah Jalan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami kepadatan imbas diberlakukannya sistem ganjil genap di seputar Istana Kepresidenan Bogor atau jalur sistem satu arah (SSA), Sabtu (1/5/2021).KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Arus lalu lintas di Jalan Raya Pajajaran arah Jalan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami kepadatan imbas diberlakukannya sistem ganjil genap di seputar Istana Kepresidenan Bogor atau jalur sistem satu arah (SSA), Sabtu (1/5/2021).

"Mekanismenya tidak berubah dari sistem ganjil genap yang berlaku. Angka pelat nomor belakang harus sesuai dengan tanggal, bila ada kendaraan tak sesuai kita lakukan putar balik," kata dia, Rabu (16/6/2021),

Namun apabila ada kendaraan atau pengemudi yang sedang dalam keadaan darurat seperti berkerja, online, urusan rumah sakit, serta sebagainya, pihak petugas akan memperbolehkan lewat.

Untuk petugas yang berjaga, Susatyo mengatakan akan ada sekitar 150 personel gabungan dan disebar di lima titik sekat (check point).

Diantaranya, pertigaan Baranangsiang, Jalan Pajajaran, Air Mancur Jalan Jenderal Sudirman, Jembatan Merah Jalan Kapten Muslihat, dan Simpang Jalan Empang.

Baca juga: Begini Efek Ban Mobil bila Sering Kelebihan Tekanan Udara

Kota Bogor Kembali Berlakukan Ganjil Genap Akhir Pekan Ini Kota Bogor Kembali Berlakukan Ganjil Genap Akhir Pekan Ini

"Yang check point Jalan Empang sekaligus rekayasa lalu lintas, sehingga nanti hanya satu arah dari arah Jalan Otista menuju Empang," jelasnya.

Sehingga, setiap check poin, kata dia, akan ditempatkan sekitar 30 personel gabungan TNI,Polri, dan Satpol PP.

Diharapkan ganjil genap ini bisa mengurangi mobilitas masyarakat karena angka kasus Covid-19 di Kota Bogor sedang mengalami peningkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com