Kompas.com - 15/06/2021, 18:21 WIB
Pelek mobil flow forming Foto: IstimewaPelek mobil flow forming

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian orang yang gemar ganti pelek mobil, biasanya menyimpan juga bannya. Sehingga ketika mau mengganti pelek, tidak perlu lepas-pasang ban dari satu pelek ke pelek lainnya.

Namun menyimpan ban di garasi juga harus benar. Jika menyimpannya dengan asal-asalan, bisa terjadi kerusakan pada ban, apalagi ban merupakan komponen penting dalam keselamatan mengemudi.

Lalu bagaimana cara menyimpan ban yang benar di garasi rumah?

Baca juga: Kasus Premanisme Pengemudi Truk di Tanjung Priok gara-gara Macet

Rak banAlibaba Rak ban

Jonny, pemilik toko ban Pitstop di Karawaci mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mau menyimpan ban di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama bisa di-wrap (dibungkus) dengan plastik. Kemudian simpan ban jangan di luar ruangan, jadi enggak kena matahari dan terkena air,” ucap Jonny kepada Kompas.com, Senin (14/5/2021).

Selain itu, Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, ban yang dibungkus dengan plastik bisa dilakukan. Namun tidak dibungkus juga sebenarnya tidak masalah, selama penyimpanannya sesuai prosedur.

Baca juga: Nasib Konsumen yang Sudah Serah Terima Mobil Sebelum PPnBM 0 Persen

Simpan di ruangan dengan suhu kamar, tidak dekat benda atau alat yang mengeluarkan uap kimia seperti kompresor. Kemudian tidak terkena matahari langsung atau hujan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com.

Bisa juga ban ditumpuk, tapi hangan terlalu tinggi karena bisa membuat dinding ban berubah bentuk. Paling baik jika ban disimpan di rak, untuk jangka waktu tertentu ban dirotasi, diputar saja di raknya.

“Paling baik lagi simpan ban dengan pelek terpasang, lalu isi tekanan udara untuk mobil penumpang 44 psi atau 3 bar,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X