Kompas.com - 15/06/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi perempuan pengendara motor SHUTTERSTOCKIlustrasi perempuan pengendara motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit wanita yang memilih untuk menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan utamanya. Namun, banyak juga yang masih abai soal cara aman berkendaranya.

Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY) memberikan beberapa poin yang dapat diterapkan saat berkendara sepeda motor di jalanan.

Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3, mengatakan, dengan banyaknya pengendara motor wanita, perlu bagi wanita ini untuk menerapkan safety riding.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipahami Wanita Sebelum Mengemudikan Mobil

"Panduannya diberikan oleh tim Yamaha Riding Academy, ada sejumlah poin yang perlu diperhatikan. Kami harapkan dapat ikut mendukung keselamatan berkendara yang sangat penting saat riding di jalanan,” ujar Johannes, dalam keterangan resminya.

Sebelum berkendara, tim YRA menyarakan untuk menggunakan safety gear yang lengkap, bahan nyaman dan ukuran yang pas agar tubuh terlindungi dengan baik.

Lady biker Yamaha V-Ixion yang menjadi ratu sehari di Yamaha Sunday Race seri III di Sentul, Bogor, Minggu (17/9/2017).Yamaha Lady biker Yamaha V-Ixion yang menjadi ratu sehari di Yamaha Sunday Race seri III di Sentul, Bogor, Minggu (17/9/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, gunakan sarung tangan untuk berkendara sepeda motor. Hindari menggunakan sarung tangan yang diikatkan di setang motor, agar pergerakan tangan lebih maksimal.

Hindari menggunakan rok yang pendek atau ketat). Sebaiknya, gunakan celana panjang atau rok panjang agar dapat melindungi kaki dengan maksimal.

Tim YRA juga menyarakan untuk menghindari membawa tas di samping atau handbag agar tidak tersangkut kendaraan lain.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Wanita Saat Naik Motor

Selain itu, gunakan sepatu dengan alas yang rata atau sepatu olahraga. Hindari sepatu berhak tinggi, agar tidak mengganggu keseimbangan saat berhenti.

Saat akan berbelok, gunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar tidak membingungkan pengendara lain. Jangan lupa juga untuk mematikan lampu sein ketika sudah berbelok.

Lady biker di Amerika Serikat, merasa jauh lebih baik ketika riding ketimbang spa dan pijat.motorcycle Lady biker di Amerika Serikat, merasa jauh lebih baik ketika riding ketimbang spa dan pijat.

Tim YRA juga menyebutkan, saat membonceng anak-anak, pastikan anak menggunakan safety gear yang lengkap. Posisikan anak di belakang pengendara dan hindari membawa anak balita sendirian. Sebab, balita belum bisa menggunakan safety gear yang lengkap.

Bagi para hijabers, disarankan menggunakan jaket agar kerudung tidak berkibar dan menutupi lampu belakang.

Pilih jalan yang aman, hindari jalan ramai seperti banyak truk dan pengendara yang berkendara kencang.

Jangan lupa juga untuk menjaga konsentrasi dan menjaga emos, serta selalu patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X