Nasib Konsumen yang Sudah Serah Terima Mobil Sebelum PPnBM 0 Persen

Kompas.com - 14/06/2021, 16:41 WIB
Konsumen mobil bergerak ke arah lifestyle, lebih dinamis dan personal. HPMKonsumen mobil bergerak ke arah lifestyle, lebih dinamis dan personal.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0 persen kembali diberlakukan pemerintah, mulai Juni hingga Agustus 2021.

Sebelumnya, diskon pajak ini telah berakhir pada Mei lalu, dan dilanjutkan insentif sebesar 50 persen mulai Juni 2021.

Namun dengan munculnya kebijakan tersebut, bagaimana nasib konsumen yang terlanjur melakukan serah terima mobil pada awal Juni ini?

Baca juga: Relaksasi PPnBM 0 Persen Ada Lagi, Kapan Mobil Toyota Turun Harga

IIMS Hybrid 2021Foto: Dyandra IIMS Hybrid 2021

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, jika relaksasi PPnBM 0 persen kembali berlaku, maka harga jual akan kembali seperti periode awal diskon pajak.

“Iya (kembali), kalau 100 persen insentif means pajak PPnBM-nya nol persen,” ujar Anton, kepada Kompas.com (13/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembeli yang terlanjur melakukan pemesanan pada Juni ini juga tak perlu khawatir, sebab harga yang dibayarkan konsumen bakal disesuaikan dengan aturan yang bakal berlaku.

Baca juga: Polisi Operasikan Lagi Check Point Kendaraan di Zona Merah Covid-19

Ilustrasi konsumen tengah melakukan transaksi di pameran otomotif.Foto: Dyandra Ilustrasi konsumen tengah melakukan transaksi di pameran otomotif.

“Konsumen tentu kami akan perhatikan sebaik mungkin, tapi kami akan pelajari dulu dan sesuaikan dengak PMK,” ucap Anton.

Sementara itu, Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penentuan harga berdasarkan skema diskon PPnBM 0 persen.

“Secara practical sama, tapi skemanya bagaimana nih? Karena juklak (petunjuk pelaksana) dan juknis (petunjuk teknis) yang baru belum ada,” ujar Harold, kepada Kompas.com (14/6/2021).

Baca juga: Cerita Pecahnya Rekor Baru Sirkuit Sentul dengan Honda Estilo B16

Auto2000 Glodok PlazaKOMPAS.com/Ruly Auto2000 Glodok Plaza

Harold juga mengatakan, konsumen yang sudah terlanjur melakukan serah terima pada awal Juni tidak perlu khawatir.

“Nanti akan mengikuti berdasarkan juklak juknis yang baru. Iya (ada kompensasi), tapi detail pastinya kami kabari ke konsumen,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.