Masuk Tol, Jangan Langsung Potong ke Lajur Paling Kanan

Kompas.com - 15/06/2021, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang diunggah akun dashcam owners indonesia di Instagram memperlihatkan sebuah mobil yang hampir bertabrakan di jalan tol.

Sebuah Toyota Yaris terlihat dari lajur paling kiri sambil menyalakan lampu sein langsung mengambil lajur kanan. Hal ini pun membuat mobil yang sudah ada di lajur kanan hampir menabrak Toyota Yaris tersebut.

Menanggapi kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, etika dan aturan di jalan tol harus benar-benar ditaati. Mengingat rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol sangat tinggi.

Baca juga: Lebih Terjangkau, Berikut Estimasi Harga Daihatsu Rocky 1.2L

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Bahkan jika ada mobil yang sedikit melambat, bisa-bisa menyebabkan tabrak belakang jika tidak waspada. Selain itu, ketika memasuki jalan tol, ada etika yang harus dipahami ketika mau berpindah lajur.

“Pertama, pastikan lalu lintas di belakang aman dan wajib terlihat dari kaca spion. Jangan cuma kira-kira aman saja,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Kedua, nyalakan lampu sein sebagai tanda meminta izin untuk berpindah lajur. Perlu diingat, jika mobil di belakang tidak memberi jalan, urungkan niat untuk pindah lajur dan tunggu kondisinya aman.

Baca juga: Honda Super Cub C125 Diskon, Pesan Sekarang Datang Tahun Depan

“Ketiga, berpindah lajur harus dilakukan satu-persatu, tidak sekaligus pindah seenaknya yang bisa berakibat kecelakaan,” kata Sony.

Keempat, pastikan perpindahan lajur jalan disesuaikan dengan kecepatan yang dianjurkan. Misal jalannya terdiri dari tiga lajur, di kiri 60 kpj, di tengah 80 kpj, dan paling kanan dan hanya untuk mendahului di kecepatan 100 kpj.

“Kelima, wajib waspada terhadap kondisi sekeliling untuk menghindari kecelakaan akibat pengemudi agresif yang datang dari belakang,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.